Jelang Hari Buruh, Aliansi Gerbang Minta Polda Jateng Bentuk Desk Ketenagakerjaan

Ahmad Antoni ยท Jumat, 30 April 2021 - 06:55:00 WIB
Jelang Hari Buruh, Aliansi Gerbang Minta Polda Jateng Bentuk Desk Ketenagakerjaan
Perwakilan buruh dari Aliansi Gerbang meminta pembentukan Desk Ketenagakerjaan kepada Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi, Kamis (29/4/2021). (Istimewa)

SEMARANG, iNews.id - Aliansi Gerakan Buruh Berjuang Jawa Tengah (Gerbang) meminta Polda Jawa Tengah membentuk Desk Ketenagakerjaan. Permintaan tersebut disampaikan Aliansi Gerbang menjelang peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day) mendatang.

Menurut Koordinator Gerbang, Nanang Setyono jika permintaan Desk Ketenagakerjaan tersebut diperlukan untuk memberikan kepastian hukum bagi para buruh dalam mendapatkan hak-haknya, seperti upah, jaminan sosial, dan kebebasan berserikat.  

Dia mengatakan, Desk Ketenagakerjaan selain sebagai lembaga pro-justitia atau proses hukum,  juga memiliki fungsi sebagai lembaga konsultasi dan edukasi para buruh dan pengusaha khususnya tentang pidana ketenagakerjaan

“Kami berharap dan minta jelang May Day ini Polda Jateng bisa membentuk Desk Ketenagakerjaan untuk melindungi hak-hak buruh seperti upah, jaminan sosial dan kebebasan berserikat,” kata Nanang saat beraudiensi di Mapolda Jateng, Semarang, Kamis (29/4/2021).

“Desk Ketenagakerjaan juga bisa jadi solusi setiap permasalahan pidana ketenagakerjaan yang selama ini selalu mentah karena tidak banyak yang paham soal pidana ketenagarkerjaan,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2