Jembatan Kali Kemiri di Desa Kupu Tegal Ambruk, Aktivitas Warga Terganggu

Yunibar ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 02:30:00 WIB
Jembatan Kali Kemiri di Desa Kupu Tegal Ambruk, Aktivitas Warga Terganggu
Jembatan Kali Kemiri di Desa Kupu, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal ambruk. (Foto: iNews/Yunibar)

SLAWI, iNews.id – Jembatan Kali Kemiri di Desa Kupu, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal ambruk. Jembatan dengan bentang 30 meter dan lebar tiga meter itu putus di bentang tengah jembatan akibat salah satu pondasi jembatan amblas, Minggu (22/3/2020) malam.

Akibat kejadian itu, aktivitas warga ke pusat desa dan kecamata terganggu karena jembatan tidak bisa dilalui baik mobil, sepeda motor, bahkan pejalan kaki.

Warga Desa Kupu, Wasmad mengatakan, Jembatan Sungai Kemiri tersebut sudah rusak akhir 2019 lalu. Pemkab Tegal pun telah membuat jembatan sementara untuk dilewati pejalan kaki. Namun jembatan sementara tersebut ikut rusak setelah bentang jembatan bagian tengah ambruk ke dasar sungai.

“Rusak sudah lama. Sudah dibikin jembatan darurat, tapi pondasi tenganya hilang sehingga jembatan putus,” katanya, Senin (23/3/2020).

Dia berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan dan membangun jembatan darurat untuk akses warga sementara.

Kepala Desa Kupu Miftah mengatakan sudah melaporkan jembatan ambruk itu ke pemkab. “Sudah dilaporkan ke pemda,” katanya.

Dari informasi yang diterima, kata dia, Pemkab Tegal sudah menganggarkan dana perbaikan jembatan sebesar Rp535 juta dan pembangunan jembatan akan dilaksanakan tahun ini. “Informasinya mau dilelang dulu,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki