Kasus Arisan Online, Perempauan Asal Magelang Ditangkap Polisi

Antara ยท Selasa, 31 Agustus 2021 - 21:26:00 WIB
Kasus Arisan Online, Perempauan Asal Magelang Ditangkap Polisi
Polisi menunjukkan sejumlah barang bukti kasus dugaan penipuan berkedok arisan online. Foto: ANTARA/Heru Suyitno.

MAGELANG, iNews.idPolres Magelang menahan seorang perempuan yang diduga sebagai pelaku penipuan berkedok arisan online. Tersangka berinisial RDA (29) warga Kalinegoro, Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Muhammad Alfan mengatakan, tersangka mengadakan arisan menurun, oper slot, investasi, dan duos dengan nama Arisan Menurun by Echy kemudian menawarkan kepada orang lain.

"Dia menggunakan identitas-identitas yang diduga fiktif sebagai peserta yang sudah terdaftar untuk menarik minat calon peserta serta menjanjikan keuntungan fantastis, kemudian menggunakan uang peserta untuk kepentingan sendiri," kata Muhammad Alfan, Selasa (31/8/2021). 

Alfan menyampaikan, kronologi kejadian sekitar Desember 2019 RDA mulai mengadakan berbagai model arisan melalui media sosial. Antara lain arisan menurun, oper slot, investasi, dan duos.

Ia menjelaskan bahwa arisan menurun, yaitu arisan yang apabila member mengambil slot (nomor urut untuk mendapatkan arisan) di awal, member akan rugi karena harus membayar nominal yang lebih besar.

Apabila member mengambil slot di tengah-tengah, tidak mendapat untung maupun rugi (banyak member yang fiktif). Jika member mengambil slot di akhir akan mendapatkan untung, yaitu uang yang didapatkan lebih besar daripada uang yang disetorkan.

Oper slot bilamana member membeli slot/nomor urut dari arisan menurun dengan harga yang lebih murah. Pada saat slot/nomor urut dari arisan menurun, jatuh tempo pencairan akan mendapatkan keuntungan dari uang yang selama ini mereka setorkan.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: