Kasus Tembok Eks Keraton Kartasura Dijebol, Ganjar: Itu Peringatan Keras buat Pemerintah

Ahmad Antoni · Senin, 25 April 2022 - 15:39:00 WIB
Kasus Tembok Eks Keraton Kartasura Dijebol, Ganjar: Itu Peringatan Keras buat Pemerintah
Petugas saat mengukur tembok eks Keraton Kartasura Sukoharjo usai dijebol. (IST)

BLORA, iNews.id - Kasus dijebolnya tembok Baluwarti yang merupakan tembok bersejarah eks Keraton Kartasura, Sukoharjo mendapat sorotan sejumlah pihak. Banyak pihak menyayangkan peristiwa itu, salah satunya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ganjar sangat menyayangkan kejadian perusakan tembok Keraton Kartasura itu. Pihaknya juga sudah menerjunkan tim untuk melakukan identifikasi.

"Sudah direspons, dari kepolisian sudah dan dari dinas kita juga sudah di lokasi. Saya minta dicek," kata Ganjar ditemui usai memimpin Musrenbang di Kabupaten Blora, Senin (25/4/2022).

Tak hanya soal kondisi benteng, pengecekan lanjut Ganjar juga dilakukan untuk mengetahui siapa pihak yang terkait dengan kejadian itu.

"Siapa yang jual, siapa yang beli, itu tanahnya siapa dan lainnya. Dengan merunut itu, kita bisa tahu ini bangunan bersejarah kok bisa diperjualbelikan sehingga dilakukan tindakan yang tidak tepat. Kami sudah ada informasi semua itu," ujarnya.

Dirjen Kebudayaan, kata dia juga sudah datang. Pihaknya terus berkoordinasi dan bekerjasama terkait penanganan kasus itu. "Saya menunggu proses berikutnya dan saat ini lokasi sudah di police line," tegasnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: