Keliling Wilayah, Polisi Temukan Kakek Nenek Tinggal di Gubuk Plastik

Saladin Ayyubi ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 08:44 WIB
Keliling Wilayah, Polisi Temukan Kakek Nenek Tinggal di Gubuk Plastik
Aiptu Joko Hari Nugroho dengan Mbah Sastro di gubuk beratap plastik di areal perkebunan warga di Kelurahan Kedungawuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas. (Foto: iNews/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id - Sepasang kakek dan nenek di Banyumas, Jawa Tengah harus hidup di gubuk berukuran 1,5x3 meter yang beratapkan plastik dan beralaskan spanduk. Keberadaan mereka ditemukan anggota polisi yang sedang keliling wilayah.

Kehidupan pasangan Mbah Sastro (70) dan Sugiani (45) yang hidup di gubuk itu telah menyita perhatian. Kondisi gubuk yang mereka tempati ini sangat memprihatinkan.

Untuk menuju lokasi gubuk, Mbah Sastro harus berjalan kaki melewati pematang sawah serta perkebunan. Gubuk beratap plastik itu dibangun di areal perkebunan warga di Kelurahan Kedungawuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas.

Dari pantauan iNews, bangunan dengan tinggi satu meter itu, atap dan dindingnya terbuat dari plastik yang diikatkan pada batang pohon. Sementara, agar atap tidak terbang Mbah Sastro menindihnya dengan balok kayu dan batu.

"Saya enggak punya tempat tinggal, ikut teman. Ini bangun sendiri karena bingung sih enggak punya tempat tinggal," kata Mbah Sastro, Kamis (9/7/2020).

Gubuk ini hanya cukup untuk mereka berdua saja. Itu pun harus diisi dengan beberapa pakaian serta bungkusan kain dalam kantong plastik. Sedangkan untuk alas mereka memanfaatkan kain spanduk. Mbah Sastro hanya mengandalkan hasil memancing ikan pelus di sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Mbah Sastro rupanya tidak memiliki anak sehingga hanya berdua dengan sang istri. Dia pun sudah lima tahun tinggal di gubuk plastik tersebut.

"Iya, sudah lima tahun di sini. Saya enggak punya anak," ucapnya.

Keberadaan Mbah Sastro dan Sugiani ini pertama kali diketahui salah seorang warga sekitar yang berprofesi sebagai aparat kepolisian. Saat itu, Aiptu Joko Hari Nugroho sedang berkeliling wilayah dan melihat Mbah Sastro.

"Karena area ini masuk wilayah saya, kebetulan saya pas keliling menemukan Mbah Sastro ini. Ketemu saya tanya-tanya," ucap Joko.


Editor : Nani Suherni