Kemenpora Dorong Santri Berwirausaha lewat Pesantrenpreneur

Ary Wahyu Wibowo · Kamis, 31 Desember 2020 - 15:25:00 WIB
Kemenpora Dorong Santri Berwirausaha lewat Pesantrenpreneur
Pesantrenpreneur yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan untuk Indonesia (LADUNI) di Pondok Pesantren Nashrul Ummah, Mejobo, Kudus. (Foto: ist)

KUDUS, iNews.id - Pesantren sebagai model dan basis pendidikan khas Indonesia tertua didorong melakukan revitalisasi institusi. Pesantren diharapkan menjadi salah satu wahana pengembangan kewirausahaan muda. 

"Pesantren tidak saja mendidik para santri untuk mengkaji literasi keagamaan. Tetapi saatnya pesantren yang merupakan basis dan model pendidikan khas Indonesia tertua, mengembangkan minat dan bakat para pemuda santri melalui wirausaha," kata Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Niam Sholeh. 

Hal itu disampaikan melalui ruang virtual dalam agenda Pesantrenpreneur bertajuk Semangat Berwirausaha Pemuda Santri Tetap Inovatif Kala Pandemi yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Untuk Indonesia (LADUNI) di Pondok Pesantren Nashrul Ummah, Mejobo, Kudus, Rabu (30/12/2020). 

Pondok pesantren dikenal dengan kemandiriannya. Hal ini yang menjadi dasar mengembangkan minat dan bakat dalam membuat produk bisnis, serta menemukan target market yang tepat. Salah satu syarat kemandirian bangsa adalah mandiri di bidang ekonomi. “Buktikan cinta kalian pada negara dan bangsa. Kalau ingin menjadi bangsa mandiri, jadilah wirausahawan,“ ujarnya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: