Kerap Dipanggil Warga, Gadis Desa di Wonosobo Jadi Penakluk Ular Kobra

Bambang Hengky ยท Minggu, 19 Juli 2020 - 12:05:00 WIB
Kerap Dipanggil Warga, Gadis Desa di Wonosobo Jadi Penakluk Ular Kobra
Icha, gadis desa penakluk ular di Wonosobo. (Foto: iNews/Bambang Hengky).

WONOSOBO, iNews.id - Seorang gadis asal Desa Karanganyar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), memiliki hobi menangkap ular berbisa. Berkat kemampuannya dia kerap dimintai tolong oleh warga bila didapati ada ular masuk ke permukiman warga.

Perempuan atas nama Handhyca Apriliany alias Icha ini merupakan warga Desa Karanganyar, Kecamatan Sapuran. Dia juga tergabung dalam komunitas pecinta binatang di wilayah tersebut.

Icha mengaku, sudah tertarik dengan ular sejak kecil. Dia kemudian mulai berani menangkap ular dan melestarikan hewan reptil tersebut sejak duduk di bangku SMP.

"Sekarang tujuan saya untuk mengedukasi warga soal hewan reptil ini," kata Icha saat dimintai keterangannya, Minggu (19/7/2020).

Perempuan muda ini mengaku, beberapa kali dimintai warga untuk menangkap ular yang masuk ke permukiman mereka. Dia pun dengan senang hati menangkap ular tersebut agar tidak meresahkan masyarakat sekitar.

Dia mengaku, sama sekali tidak memungut biaya atas jasanya tersebut. Justru dia khawatir bila ular ini ditangkap oleh warga, selain dapat membahayakan keselamatan warga, ular ini pun juga terancam.

"Justru saya senang, karena bisa memberikan wawasan warga soal ular dan habitatnya," katanya.

Icha mengatakan, berbagai jenis ular sudah pernah dia tangkap, termasuk ular cobra yang terkenal berbisa. Dia hanya bermodal hook untuk menaklukkan ular yang dinilai mematikan tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal