Keraton Solo Memanas, 2 Kubu Gelar Acara Malam Selikuran di Tempat yang Sama

Ary Wahyu Wibowo ยท Sabtu, 01 Mei 2021 - 19:50:00 WIB
Keraton Solo Memanas, 2 Kubu Gelar Acara Malam Selikuran di Tempat yang Sama
Masjid Agung Surakarta nampak dari depan. Foto: iNews.id/Ary Wahyu Wibowo.

SOLO, iNews.id – Dua kubu yang berseberangan di Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) kembali bersinggungan. Kubu Lembaga Dewan Ada (LDA) maupun kubu Raja Paku Buwono (PB) XIII rencananya akan menggelar acara malam selikuran di Masjid Agung Solo, Minggu (2/5/2021) malam besok. 

Acara malem selikuran biasa digelar di lingkungan Keraton Solo guna menyambut datangnya malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan. Saat ini, kedua kubu mengklaim telah mengantongi izin dari Satgas Covid-19 Kota Solo terkait penyelenggaraan acara di tempat yang sama. 

“Kami sudah mengajukan izin sejak 21 Maret 2021 lalu. Tanggal 26 April 2021 izin keluar dari Satgas Covid-19 Kota Solo,” kata Juru bicara LDA Keraton Solo, Kanjeng Pangeran (KP) Eddy Wirabumi, Sabtu (1/5/2021). 

Setelah izin keluar, sehari kemudian pihaknya lalu memberi tahu ke pengurus Masjid Agung Solo. Namun ketika siang menjelang siang, pihaknya mendapat jawaban jika LDA tidak bisa menggunakan masjid. Alasannya di hari dan jam yang sama akan digunakan pihak lain dengan acara yang sama. 

“Kami kaget lalu komunikasi ke Satgas Covid-19 apakah mengeluarkan izin yang sama kepada pihak lain di hari, tempat dan jam yang sama. Ternyata dijawab tidak,” ucapnya. 

Pihaknya lalu memberi jawaban kepada pengurus masjid atas penolakan tersebut. Pihaknya menerangkan bahwa pihaknya pemegang izin penyelenggaraan, dan satu sisi lainnya LDA adalah pewaris, penanggungjawab, pengelola dan pemilik keraton bersama asetnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3