Keren, Siswa SMA Muhammadiyah Gombong Ciptakan Prototipe Mobil Tenaga Surya

Joe Hartoyo ยท Jumat, 05 Maret 2021 - 11:33:00 WIB
Keren, Siswa SMA Muhammadiyah Gombong Ciptakan Prototipe Mobil Tenaga Surya
Begini penampakan mobil bertenaga surya karya siswa Muhammadiyah Gombong Kebumen. (iNews/Joe Hartoyo)

KEBUMEN, iNews.id - Energi baru ramah lingkungan atau eco green menjadi satu diantara pilihan memasuki era masa depan. Inovasi dan kreativitas pun terus dikembangkan untuk menjawab tantangan tersebut.

Seperti yang dilakukan siswa SMA Muhammadiyah Gombong, Kabupaten Kebumen , Jawa Tengah. Mereka berhasil menciptakan prototipe mobil tenaga surya.

Untuk berinovasi di sektor transportasi, terobosan inovatif ini sebagai upaya antisipasi pasokan minyak bumi yang kian menipis serta mengurangi dampak polusi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan.

Siswa Muhammadiyah Gombong berusaha membuat mobil yang tidak mengeluarkan polusi dan ramah lingkungan.  Selain persoalan cadangan minyak bumi terus berkurang, siswa ingin menjawab tantangan itu.

Mereka berhasil menciptakan mobil tenaga surya dengan menggunakan lima buah panel solar cell yang terdapat pada atap mobil. Sebuah karya yang diberi nama spectre atau disingkat solar powered electric vehicle tersebut memakan waktu pengerjaan selama dua bulan untuk bisa memasuki tahap uji coba.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3