Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia, Ini Sosoknya di Mata Bupati Karanganyar

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 02 Juli 2021 - 11:23:00 WIB
Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia, Ini Sosoknya di Mata Bupati Karanganyar
Dalang Ki Manteb Sudarsono. foto: dok.

KARANGANYAR, iNews.idBupati Karanganyar Juliyatmono menyatakan dukacita atas meninggalnya dalang Ki Manteb Sudarsono. Dalang yang terkenal dengan kemahiran sabetan saat memainkan wayang kulit tersebut, merupakan sosok yang memiliki ilmu yang luas dan dalam. 

“Beliau memang sesepuh, ilmunya luas dan dalam. Beliu sangat menguasai seni pedalangan,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Jumat (2/7/2021). 

Ki Manteb Sudarsono merupakan sosok yang membawa harum nama Indonesia melalui karya besar hingga Unesco menyatakan wayang sebagai karya agung budaya bangsa. 

“Itu kan fragmentasi yang digelar Pak Manteb dalam hitungan 7 menit,” ucapnya. 

Ki Manteb Sudarsono juga memperjuangan agar Indonesia memiliki Hari Wayang yang akhirnya tanggal 7 November ditetapkan sebagai Hari Wayang Nasional. 

Ki Manteb Sudarsono merupakan sosok orang tua yang sangat mencintai profesinya. Dia juga sosok dalang yang sangat senang melakukan dakwah, memberi pesan siapa pun lewat wejangan saat pementasan wayang kulit. 

Dalam keseharian, Ki Manteb Sudarsono yang tinggal di Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar merupakan sesepuh paran poro atau orang yang dimintai nasehat. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: