Kisah Gunung Jimat di Pemalang, Misteri Hilangnya Batu Raksasa Bikin Merinding

Tim iNews.id ยท Rabu, 22 Juni 2022 - 12:47:00 WIB
Kisah Gunung Jimat di Pemalang, Misteri Hilangnya Batu Raksasa Bikin Merinding
Gunung Jimat atau Bukit Mendelem di Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang menyimpan misteri dan mitos. (iNews.id)

PEMALANG, iNews.id Gunung Jimat atau Bukit Mendelem masih menyimpan sejuta misteri dan mitos.  Keberadaan gunung ini tak asing bagi masyarakat Pemalang, bahkan hingga ke penjuru luar Pulau Jawa.

Gunung Jimat memiliki ketinggian lebih kurang 1.450 Mdpl berada di Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang dengan luas hampir 3,5 hektare dan berdiri menjulang tinggi hingga nampak dari kejauhan seperti layaknya gunung.

Dikutip dari iNewsPemalang.id, penampakan keindahan Gunung Jimat ini dapat dilihat di sepanjang jalan raya Belik-Bulakan arah Randudongkal atau sebaliknya.

Jika dilihat, Gunung Jimat tampak berundak mirip pepunden. Lereng sekelilingnya dipenuhi bebatuan yang besar besar, dan terdapat kaki bukit mirip sebuah payung yang di bawahnya memiliki sebuah gua.

Konon kabarnya, gua yang berada di kaki Gunung Jimat sering digunakan untuk bertapa atau bersemedi bagi orang-orang yang mempunyai maksud atau tujuan tertentu.

Saat ini, area Gunung Jimat telah dikembangkan menjadi objek wisata alam. Terdapat arena panjat tebing Via Ferrata bagi para pecinta alam yang senang menguji adrenalin. Via Ferrata sendiri merupakan satu-satunya arena panjat tebing di Jawa Tengah, setelah Jawa Barat dan Jawa Timur.  

Namun di balik sisi keindahan alamnya, Gunung Jimat menyimpan banyak kisah misteri dan mitos yang hingga saat ini masih menjadi perbincangan di masyarakat.

Terlebih menurut warga sekitar, di puncak Gunung Jimat terdapat makam tua yang dianggap sebagai Makam Keramat. Kisah misteri Gunung Jimat yang sering menjadi pembicaraan adalah kisah 'Misteri Batu Yang Hilang' dan 'Asal Usul Nama Gunung Jimat.'

Menurut kisah yang diceritakan Mbah Sulam, tokoh sesepuh Desa Mendelem, konon batu yang menghilang secara misterius itu sebelumnya terletak di sebelah makam keramat.

Tetapi menurut kisahnya, batu tersebut ditemukan berada di daerah Sumatera. Kisah ini bermula dari cerita salah seorang warga Mendelem yang berziarah ke makam keramat.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: