Kisah Haru Ahmad, Bocah Penghafal Alquran asal Tegal Ingin Bahagiakan Orang Tua di Surga

Syifa Fauziah · Rabu, 29 Juni 2022 - 14:45:00 WIB
Kisah Haru Ahmad, Bocah Penghafal Alquran asal Tegal Ingin Bahagiakan Orang Tua di Surga
Muhammad Ghozali Akbar, bocah penghafal Alquran asal Tegal ingin membahagiakan orang tuanya di surga. (Ist)

Ketika itu, ayahnya wafat secara mendadak. Namun Ahmad tak ingin merepotkan sang ibu, Ahmad lebih memilih masuk pesantren, disaat usianya masih 5 tahun.

"Dia (Ahmad) memutuskan sendiri (masuk pesantren). Dia bilang, 'Ibu, saya besok ikut Mas Rafa mondok ya.' Terus saya bilang, 'Jangan, dek, kamu masih kecil, ibu sama siapa?' 'Enggak apa-apa, bu, nanti ibu repot ngurus Dek Faza. Enggak apa-apa aku mondok aja sama Mas Rafa. Dia berkeras mau mondok," kata Sri Ayu.

Dia mengatakan salah satu hal yang membuatnya haru adalah ustaz di pesantren bercerita kalau Ahmad satu-satunya santri yang tidak menangis di malam pertama masuk.

"Ustaznya cerita, 'Ibu, saya bertahun-tahun (melihat) anak-anak setiap kali yang masuk ke pondok ini, malam pertama pasti nangis. Mau tidur nangis ingat ibunya. Baru Ahmad ini yang enggak (menangis), dia berdoa untuk ayah, ibunya, buat kakak dan adiknya'," ungkap Sri Ayu.

Dia melanjutkan, Ahmad sosok anak yang baik dan dewasa. Bahkan menurutnya Ahmad sosok anak yang lebih dewasa dari kakak dan adiknya.

Meski membesarkan empat anak seorang diri, Sri Ayu bisa membuktikan dengan berjualan kue dapat menyekolahkan tiga anaknya di pesantren.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: