Kisah Kadis yang Nyaris Tewas Jadi Korban Semburan Kawah Lumpur di Kesongo Blora

Heri Purnomo ยท Sabtu, 29 Agustus 2020 - 09:53:00 WIB
Kisah Kadis yang Nyaris Tewas Jadi Korban Semburan Kawah Lumpur di Kesongo Blora
Kawah lumpur di Kesongo, Blora meletus disertai ledakan gas. Empat orang keracunan dan belasan kerbau terkubur lumpur, Kamis (27/8/2020). (Foto: iNews/Heri Purnomo)

BLORA, iNews.id - Salah satu warga yang menjadi saksi mata semburan lumpur bercampur gas di Oro-oro Kesongo, Blora, Jawa Tengah (Jateng), nyaris tewas. Selain kehilangan dua ekor kerbaunya, Kadis sempat pingsan karena gas beracun yang keluar dari lumpur secara tiba-tiba.

Sebelumnya, sebuah semburan lumpur bercampur gas beracun menghebohkan warga Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, pada Kamis (27/8/2020). Beruntung, Kadis (57), warga Desa Gabusan bisa selamat.

Saat kejadian, dia berada dekat kandang kerbau yang berjarak kurang lebih 300 meter dari ledakan lumpur. Ledakan juga membuat 18 ekor kerbau di lokasi tersebut melayang. Sebelum akhirnya lumpur itu menimpa belasan kerbau itu.

Kadis dan temanya sempat berlari menyelamatkan diri, namun karena angin membawa gas beracun, dia sempat terjatuh. Dia sesak napas dan kepalanya pusing.

Dengan kondisi setengah sadar, dia berlari lagi namun beberapa langkah jatuh lagi. Warga yang mendengar ledakan itu berlari memberi pertolongan kepada kadis dan tiga orang temannya. Kadis mengaku baru sadar setelah perutnya ditekan seseorang.

"Saya itu sudah enggak sadar. Pokoknya saat itu perut rasanya kembung. Saya lari lagi, terus duduk lagi," kata Kadis.

Selang beberapa saat setelah semburan berhenti warga menyelamatkan seekor kerbau yang masih hidup. Tercatat, 17 kerbau mati tertimbun lumpur.

Kadis mengaku ikhlas kehilangan kerbaunya yang penting dirinya selamat. Dia berharap ada bantuan dari pemerintah atas kejadian itu.

"Saya inikan korban. Ikhlas saja, syukur kalau ada bantuan dari pemerintah. Saat ini sih belum ada," ucapnya.

Editor : Nani Suherni