Kisah Kholidin, Atlet Parapanahan Indonesia yang Pakai Gigi untuk Menarik Busur

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 11:25:00 WIB
Kisah Kholidin, Atlet Parapanahan Indonesia yang Pakai Gigi untuk Menarik Busur
Kholidin, atlet Parapanahan Indonesia yang menggunakan kekuatan gigi dan rahang untuk menarik tali busur saat tampil di ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo. Foto: ANTARA

SOLO, iNews.id – Sosok Kholidin mencuri perhatian saat tampil di ajang ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo. Atlet Parapanahan dari Indonesia ini menggunakan kekuatan gigi dan rahang untuk menarik tali busur.

Kholidin sukses menyumbang 1 emas lewat nomor recurve ganda putra bersama Setiawan, 1 perak lewat nomor recurve ganda campuran bersama Mahda Aulia, dan 1 perunggu di nomor recurve individu putra.

Selain sumbangsih medali, Kholidin juga memiliki gaya unik saat menarik tali busur yang menjadi senjata rahasianya. Ia menarik tali busur dengan kekuatan gigi dan rahangnya.

"Karena saya beda, menggunakan gigi, kalau latihan sehari-hari itu terasa ngilu, pegal, dan sakit. Tapi saya lakukan itu semua untuk indonesia," ujar Kholidin melalui siaran pers tim media center ASEAN Para Games 2022, Jumat (5/8/2022). 

Tidak ada trik khusus untuk memanah menggunakan gigi. Namun memang butuh kesabaran, keuletan dan harus bisa menahan rasa sakit yang seperti mengunyah kacang satu kuintal.

“Setiap hari habis latihan, saya kesakitan dan langsung mendapat terapi," katanya. 

Aksi memanah menggunakan gigi dilakukan Kholidin bukan karena ingin terlihat keren atau unik. Teknik itu dia temukan setelah kehilangan salah satu tangannya akibat kecelakaan jatuh dari pohon kelapa setinggi 9 meter pada 2017 silam. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: