Hikmah

Kisah Nabi Yakub AS, Teladan Bagi Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Kastolani · Sabtu, 21 November 2020 - 07:51:00 WIB
Kisah Nabi Yakub AS, Teladan Bagi Orang Tua Dalam Mendidik Anak
Ilustrasi kisah Nabi Yakub. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kisah Nabi Yakub (Ya'qub) alaihisalam patut dijadikan contoh bagi para orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak.

Nama Yakub karena ia lahir dalam keadaan memegang tumit saudaranya. Nabi Yakub diangkat Allah menjadi seorang rasul. Ia juga disebut Israil, karena Nabi Yakub sering kali melakukan perjalanan di malam hari.

Nabi Yakub AS termasuk yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai, al-Karim ibnu al-Karim ibnu al-Karim ibnu al-Karim (HR al-Bukhari) ketika memuji keturunan Nabi Yusuf AS.

Karena keempat-empat nama tersebut adalah silsilah empat orang nabi yang tidak terputus. Yang Mulia anak Yang Mulia anak Yang Mulia anak Yang Mulia, Yusuf anak Yakub anak Ishaq anak Ibrahim Alaihimussalam.

Nabi Yakub merupakan putra Nabi Ishaq bin Ibrahim as.

Kelahiran Yakub telah disampaikan oleh para tamu Nabi Ibrahim yang terdiri atas beberapa malaikat dari istrinya Sarah. Saat itu. Para malaikat diutus untuk memberitahukan ke Nabi Luth tentang azab yang akan ditimpakan ke kaumnya karena berbuat di luar batas dengan berperilaku seks menyimpang menyukai sesama jenis.

Kisah Nabi Yakub ini terangkum dalam Alquran di antaranya Surat Maryam, Surat Hud, Surat Al Anbiya, Surat Shad, Surat Al Ankabuut, dan Surat Ash Shofat.

Allah SWT berfirman

فَلَمَّا اعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۙوَهَبْنَا لَهٗٓ اِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَۗ وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا

Artinya: Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Yaqub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi. (QS. Maryam: 49)

Dalam surat lain disebutkan:

وَلَقَدْ جَاۤءَتْ رُسُلُنَآ اِبْرٰهِيْمَ بِالْبُشْرٰى قَالُوْا سَلٰمًا ۖقَالَ سَلٰمٌ فَمَا لَبِثَ اَنْ جَاۤءَ بِعِجْلٍ حَنِيْذٍ

Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada Ibrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan:"Selamat". Ibrahim menjawab:"Selamatlah," maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang. (QS. Hud: 69)


Editor : Kastolani Marzuki