Kisah Pilu Penyandang Disabilitas Rawat Kakak Perempuan yang Stroke

Tim iNews.id ยท Senin, 04 Oktober 2021 - 11:17:00 WIB
Kisah Pilu Penyandang Disabilitas Rawat Kakak Perempuan yang Stroke
Seorang warga disabilitas bernama Kampleng (42) warga Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. (Foto: Dok Pemkab Purbalingga)

PURBALINGGA, iNews.id – Ekspresi wajah Kampleng (42) tampak ceria saat menerima kunjungan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Keceriaannya karena dia bisa mulai menempati rumah barunya.

Kampleng merupakan penyandang disabilitas yang tinggal di  RT 02 RW 05 Dusun Sipentul, Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Sebelum menempati rumah barunya yang dibangun oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dan didukung Bazda, serta sumbangan perangkat desa setempat, Kampleng menempati gubuk yang sangat tidak layak huni dan terancam bahaya tanah longsor. Maklum Dusun Pentul, warga biasa menyebutnya begitu, terletak pelosok dan di daerah rawan bencana tanah longsor.  

Untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, Kampleng yang menyandang disabilitas, sering dibantu oleh tetangganya. Kampleng yang tidak memiliki istri, kesehariannya juga merawat kakak kandung perempuannya, Kiptiah yang sakit stroke

“Kampleng tak mau hanya mengandalkan bantuan tetangganya, dia mulai membuat kerajinan dari kayu seperti keris, miniatur alat pertanian dan mainan kayu lainnya,” kata Kepala Desa Gunung Wuled, Latif dikutip dari iNewsPurwokerto.id, Senin (4/10/2021). 

Dia mengatakan, meski secara fisik tubuhnya tidak sempurna, namun Kampleng memiliki semangat untuk hidup dan berusaha. Hanya saja, ketika dirinya melihat rumah Kampleng, merasa tidak tega. Latif akhirnya menghubungi berbagai pihak termasuk Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga.  

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: