Kisah Pilu Poniman, Lansia Lumpuh Hidup Sebatang Kara di Bedeng 3x2 Meter

Ahmad Antoni ยท Minggu, 15 Agustus 2021 - 06:51:00 WIB
Kisah Pilu Poniman, Lansia Lumpuh Hidup Sebatang Kara di Bedeng 3x2 Meter
Poniman (68), lansia dengan kondisi lumpuh saat akan diungsikan ke Rumah Pelayanan Sosial Lansia Pucang Gading. (foto: Istimewa)

Kepala Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri Erry Raharjono  mengatakan, evakuasi Poniman  menuju fasilitas pelayanan lansia di Pucang Gading, dilakukan pada Sabtu sore. Sebelum dipindahkan, Poniman terlebih dahulu menjalani tes Covid-19. 

"Selanjutnya akan dipenuhi kebutuhan dasar mulai dari makan, ada layanan konseling, senam sehat, makanan tambahan berupa puding dan pakaian," kata Erry.

Menurutnya, Poniman sebelumnya adalah penerima manfaat Kartu Jateng Sehat (KJS). Saat penyaluran kedua, yang dilakukan Kepala Dinsos Jateng Harso Susilo, pun meminta Poniman dirawat di panti sosial milik pemprov. 

"Nanti Pak Poniman akan dirawat sampai seterusnya. Semisal punya umur panjang ya selama itu akan dirawat," katanya. 

Dia mengatakan, hingga saat ini terdapat 87 penghuni rumah pelayanan lansia sosial di Pucang Gading. Dari jumlah itu, 33 di antaranya perlu penanganan lebih lanjut karena faktor usia dan keterbatasan gerak. 

"Kalau untuk KJS nya Pak Poniman akan dialihkan ke orang lain. Karena di sini sudah dipenuhi dan disupport kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: