Kisah Sukses Ahmad, Anak Buruh Tani yang Gagal Tes Seleksi TNI AD Kini Jadi Profesor

Tim iNews.id ยท Jumat, 03 Juni 2022 - 06:56:00 WIB
Kisah Sukses Ahmad, Anak Buruh Tani yang Gagal Tes Seleksi TNI AD Kini Jadi Profesor
Kisah Ahmad, anak buruh di sebuah desa terpencil kini sukses menjadi Guru Besar Pendidikan Matematika. (Foto: iNews Purwokerto)

PURWOKERTO, iNews.id – Terlahir dari keluarga tak mampu bukan menjadi halangan untuk menggapai kesuksesan. Itulah yang dilakukan Ahmad (57), anak buruh tani yang kini menjadi Guru Besar Pendidikan Matematika di UMP Purwokerto. Perjalanan hidupnya menggapai cita-cita penuh lika-liku.

Ya, Ahmad kecil setiap harinya harus berjalan melalui jalan setapak dengan kontur berbukit-bukit untuk menunju Sekolah Dasar (SD) yang berjarak sekitar tujuh kilometer.

Bahkan sepatu yang digunakan setiap harinya berlahan menipis hingga rusak, karena orang tuanya yang hanya buruh tani di Desa Cibunigeulis, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tak mampu membelikannya sepatu baru. 

Namun, anak ragil dari 10 bersaudara ini tetap bersemangat menimba ilmu meskipun dengan segala keterbatasan yang dia alami.

"Saya merupakan orang yang tidak mampu, setiap hari saya perjalanan dari rumah ke SD kira-kira 7 kilometer, jalan kaki di SD Cibunigeulis Tasikmalaya, dan sepatu sampai alas kaki bawahnya habis, jalannya belum aspal dan kemampuan orang tua tidak mungkin untuk menyekolahkan," kata Ahmad seperti dikutip iNewsPurwokerto.id, Kamis (2/6/2022).

Kisah perjalanan hidupnya dia ceritakan saat Rapat Senat Terbuka yang mengukuhkan dirinya sebagai Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dengan gelar Prof. Drs. Ahmad, M. Pd, Ph.D. 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: