Kisah Sukses Anak Saudagar Kaya dalam Pementasan Sendratari Maitrakanyaka

Ahmad Antoni ยท Minggu, 18 April 2021 - 17:17:00 WIB
 Kisah Sukses Anak Saudagar Kaya dalam Pementasan Sendratari Maitrakanyaka
Pementasan Sendratari Maitrakanyaka dalam rangkaian acara Golong Gilig Borobudur. (Istimewa)

MAGELANG, iNews.idBorobudur adalah sebuah cerita hidup yang mengalir semenjak awal penciptaan, saat ini hingga masa depan. Seiring dengan perkembangan sektor pariwisata dan penetapan Borobudur sebagai salah satu destinasi super prioritas nasional, semangat dan kreativitas masyarakat lokal mulai menggeliat.

Hal itulah  yang melatarbelakangi terbentuknya Masyarakat Saujana Borobudur (MSB). Mereka terdiri dari para pelaku pariwisata dan tokoh masyarakat Borobudur. 

Golong Gilig Borobudur menjadi salah satu event perdana yang diselenggarakan Masyarakat Saujana Borobudur. Acara digelar di Marga Utama, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Sabtu (3/4) lalu.

Dalam rangkain acara Golong Gilig Borobudur, digelar pementasan sendratari Maitrakanyaka, sebuah epos dalam Divyavanda 38 dan panil avadana 1 : 106-112 menceritakan seorang anak saudagar kaya yang sukses dalam berniaga yang diberi nama Maitrakanyaka. 

Sejak ayahnya wafat, Maitrakanyaka hidup dengan sang ibu yang sangat menyayanginya. Sebagai anak tunggal dia sangat menjaga anak semata wayangnya. Sebagai seorang anak yang tumbuh semakin dewasa dia menyerupai keahlian  ayahnya dalam berdagang. 

Menginjak dewasa dia menjadi seorang saudagar yang sangat kaya dan tersohor seantero negeri. Sebagai pengusaha sukses dia ingin mengembangkan usahanya menjadi lebih luas ke seberang Samudra.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: