Koalisi Indonesia Bebas Daging Anjing Demo di Balai Kota Solo, Ini Tuntutannya

Ary Wahyu Wibowo · Senin, 25 April 2022 - 13:14:00 WIB
Koalisi Indonesia Bebas Daging Anjing Demo di Balai Kota Solo, Ini Tuntutannya
Aktivis Koalisi Indonesia Bebas Daging Anjing saat demo di depan Balai Kota Solo, Senin (25/4/2022). Foto: Ist.

SOLO, iNews.id – Belasan aktivis Koalisi Indonesia Bebas Daging Anjing menggelar aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Solo, Senin (25/4/2022). Mereka memyampaikan protes terkait perdagangan daging anjing yang marak di Kota Solo. 

“Kami atas nama koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) menyampaikan kekhawatiran melihat perdagangan, pemotongan, penjualan dan konsumsi daging anjing yang masih terus berjalan di Kota Solo,” kata juru bicara aksi, Mustika. 

Pihaknya telah melakukan sejumlah investigasi di seluruh Jawa Tengah dan beberapa lokasi di Indonesia. Selain itu juga mendokumentasikan kekejaman ekstrem yang terjadi dalam perdagangan daging anjing, mulai dari cara pengumpulan sampai pengangkutan untuk penjualan dan pemotongan. 

Solo dinilai sebagai pusat dari sebagian besar perdagangan daging anjing di pulau Jawa. Terdapat sekitar 13,700 anjing yang dipotong per bulan di rumah jagal buatan sendiri tanpa menjamin keamanan daging  untuk para konsumennya. 

“Perdagangan ini tidak hanya kejam, tapi juga berisiko menyebabkan penyebaran penyakit yang mematikan, dan berkaitan langsung pada penyebaran rabies di Indonesia dan juga negara-negara lain yang wilayahnya masih terdapat perdagangan ini,” ucapnya. 

Jawa Tengah tidak memiliki kasus rabies sejak tahun 1995, dan memegang status bebas rabies sejak tahun 1997. Meski demikian, status ini terancam dengan adanya permintaan akan daging anjing. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: