Kunjungi Lokasi Banjir dan Longsor di Pekalongan, Risma: Waspadai Cuaca Ekstrem

Suryono Sukarno, Widya Michella ยท Selasa, 25 Januari 2022 - 18:44:00 WIB
Kunjungi Lokasi Banjir dan Longsor di Pekalongan, Risma: Waspadai Cuaca Ekstrem
Mensos Tris Rismaharini mengunjungi lokasi banjir dan longsor di wilayah Pekalongan, Jawa Tengah. (Dok Kemensos)

PEKALONGAN, iNews.id -Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengimbau masyarakat yang berada di wilayah pegunungan agar lebih waspada terhadap cuaca ekstrem. Imbauan itu disampaikannya saat meninjau lokasi banjir dan longsor di kawasan pegunungan bagian selatan Kabupaten Pekalongan, Selasa,(25/1/2022).

“Dengan cuaca ekstrem seperti saat ini, potensi terjadinya bencana sangat mungkin terjadi terutama bencana alam tanah longsor dan banjir,” ujar Mensos.

Akibat terjangan banjir dan longsor membuat akses jalan utama Petungkriyono-Doro, terputus. Saat rombongan Mensos tiba, kondisi jalan sudah lebih baik. Sebagian material longsor telah disingkirkan dan telah membuka ruang bagi lalu lintas kendaraan baik roda dua maupun roda empat. 

Dalam kesempatan tersebut, Mensos menyimak perkembangan penanganan bencana dan kemungkinan dukungan yang bisa diberikan Kemensos. Saat ini aparat gabungan termasuk TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana), masih terus bekerja melakukan evakuasi material longsor berupa batu, lumpur, dan kayu. 

"Kemensos akan membantu dengan menambah satu unit alat berat lagi untuk mempercepat evakuasi material longsor. Dengan demikian diharapkan normalisasi akses jalan bisa berjalan lebih cepat,” kata Mensos.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: