Larangan Mudik, Polisi Temukan Pengendara Bersuhu Tubuh Tinggi di Perbatasan Jateng

Taufik Budi ยท Minggu, 26 April 2020 - 22:04 WIB
Larangan Mudik, Polisi Temukan Pengendara Bersuhu Tubuh Tinggi di Perbatasan Jateng
Petugas memeriksa pengendara saat memasuki perbatasan Jawa Tengah. (Foto: Antara)

SEMARANG, iNews.id – Memasuki hari ketiga larangan mudik yang ditetapkan pemerintah polisi terus memperketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap pengguna jalan khususnya pemudik yang nekat pulang.

Penyekatan dan pemeriksaan kendaraan pun digencarkan di beberapa titik sejak Jumat (24/4/2020) melalui Operasi Ketupat Candi dan Razia Larangan Mudik. Hasilnya, polisi menemukan pengendara bersuhu tubuh tinggi di atas 38 derajat Celsius.

"Ada pengecekan suhu tubuh di situ terlihat bahwa ada pengendara yang suhunya di atas 38 derajat Celsius," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Minggu (26/4/2020).

Polisi bersama petugas dari instansi terkait melakukan penyekatan untuk mencegah warga yang masih nekat mudik. Sejumlah titik perbatasan dijaga dan bila terdapat kendaraan pemudik diperintahkan segera putar balik.

"Beberapa pospam yang berada di pintu-pintu masuk Jateng ini sudah dilakukan pemeriksaan dan disarankan beberapa kendaraan untuk putar balik arah," tuturnya.

Dia menjelaskan, Polda Jateng menggelar Operasi Ketupat Candi 2020 untuk menjamin keamanan warga menjelang Lebaran Idul Fitri, pada 24 April sampai 31 Mei 2020. Terdapat 277 pos pengamanan (pospam) yang terdiri pos pantau ada pos terpadu. Bukan hanya menjamin keamanan tetapi sekaligus mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 463 kendaraan yang hendak memasuki wilayah Jawa Tengah dipaksa putar balik karena nekat mudik ke kampung halaman. Ratusan kendaraan itu terdeteksi petugas yang menyekat di pintu-pintu masuk perbatasan Jateng.

“Kita sudah melakukan pengecekan di beberapa pospam (pos pengamanan) terutama di Exit Tol Pejagan-Brebes, kemudian Exit Tol Sragen dan beberapa pos yang diperkirakan pintu-pintu masuk kendaraan pemudik ini sudah dilakukan pemeriksaan," kata Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna.


Editor : Kastolani Marzuki