Lembaga Dewan Adat Keraton Solo Gelar Haul Paku Buwono XII

Bramantyo ยท Sabtu, 12 November 2022 - 18:56:00 WIB
Lembaga Dewan Adat Keraton Solo Gelar Haul Paku Buwono XII
Haul Sri Susuhunan Paku Buwono XII yang digelar Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu (12/11/2022). Foto: Bramantyo.

SOLO, iNews.id - Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) menggelar Haul Sri Susuhunan Paku Buwono (PB) XII, Sabtu (12/11/2022). Prosesi dilaksanakan di kompleks Siti Hinggil, diikuti sejumlah putra putri keturunan Paku Buwono XII, kerabat serta abdi dalem.

Saat acara, sejumlah kerabat hingga abdi dalem menggunakan busana khas Jawa. Mereka duduk rapi di siti hinggil. Dalam bahasa Jawa, siti berarti tanah atau area, sedangkan hinggil artinya tinggi.

Sesuai dengan namanya, siti hinggil merupakan tanah atau area yang posisinya ditinggikan. Letak siti hinggil berada di barisan nomer dua di belakang pagelaran atau tepatnya di depan bangunan utama Keraton Solo.

Bangunan dulu digunakan sebagai tempat pasewakan agung, yaitu pertemuan antara raja dan para pesuruhnya. Di sini para keturunan Raja Paku Buwono XII menggelar haul.

Sebelum haul dimulai, sebuah gambar foto Paku Buwono XII dibawa masuk ke dalam kompleks Siti Hinggil. Diikuti deretan putra-putri Raja Paku Buwono XII, para sentana serta abdi dalem.

Foto Paku Buwono XII yang telah dibingkai dan dihiasi bunga, ditaruh tepat di depan ubo rampe yang tersusun rapi di atas meja. Ubo Rampe berisi nasi gurih, ingkung ayam, gedang ayu, suruh ayu sego golong, ada ketan, kolak apem, bubur merah putih, dan lainnya.

Nantinya, ubo rampe itu akan dibagikan pada semua yang hadir, termasuk pada putra putri Paku Buwono XII, usai didoakan. Setelah semua selesai dipersiapkan, mereka membacakan tahlil untuk mendoakan PB XII yang wafat pada Juni 2004.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: