Lockdown di Kota Tegal Dievaluasi karena Buat Macet, 4 Jalan Akhirnya Dibuka

Yunibar ยท Jumat, 03 April 2020 - 15:14:00 WIB
Lockdown di Kota Tegal Dievaluasi karena Buat Macet, 4 Jalan Akhirnya Dibuka
Jalan di Kota Tegal akhirnya dibuka setelah lockdown dievaluasi (Foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah akhirnya membuka empat akses jalan masuk ke kota setelah mengevaluasi tiga hari pemberlakukan isolasi wilayah. Namun, keterbatasan thermo gun mengakibatkan antrean panjang pengendara.

Pantaun iNews, antrean kendaraan terjadi di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Tegal Selatan pada Jumat (3/4/2020). Puluhan pengendara sepeda motor, kendaraan pribadi maupun truk angkutan bahan pokok terpaksa berhenti guna pengecekan suhu badan pengemudi dan penumpangnya.

Akibatnya antrean kendaraan, salah satu pintu dari empat pintu masuk lainnya yang dibuka sejak Kamis (3/4/2020). Pemeriksaan suhu oleh tim medis ini disambut baik warga. Namun, mereka berharap, jumlah thermo gun ditambah agar tidak menimbulkan antrean panjang.

"Bagus sih, tapi harus nambah alat biar enggak macet," ujar salah satu pengendara Lilik, Jumat (3/4/3020).

Sementara itu wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan, dari evaluasi hari pertama, kemacetan di satu pintu masuk kota tegal sulit dikendalikan. Hal itu akhirnya membuat empat akses lainnya dibuka.

Beberapa akses yang dibuka yakni, Jalan Teuku Umar, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sultan Agung dan Jalan Merpati Kejambon.

Namun, Pemkot Tegal tetap melakukan pengawasan dengan pengecekan suhu badan warga yang melintas dan menyiapkan bilik disinfektan.

"Nah kita evaluasi secara cepat mana-mana yang membuat kemacetan dan membuat interaksi yang banyak," ujar Muhammad Jumadi.

Sebelumnya selama tiga hari hanya ada satu pintu masuk Kota Tegal, yakni di Jalan Proklamasi. Sesuai rencana, isolasi wilayah di Kota Tegal berlangsung hingga 30 Juli mendatang sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Covid-19.

Editor : Nani Suherni