Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria Ditutup untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Antara ยท Sabtu, 29 Mei 2021 - 22:48:00 WIB
Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria Ditutup untuk Cegah Penyebaran Covid-19
Wisatawan tampak berfoto dengan latar Menara Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (29/5/2021). Di depan pintu masuk ada tulisan "Makam Sunan Kudus ditutup sementara. (Foto: Antara)

KUDUS, iNews.id - Pemkab Kudus menutup dua objek wisata religi yang menjadi andalan daerah itu, yakni Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Penutupan untuk sementara waktu tersebut untuk mendukung upaya pemerintah setempat dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Kedua objek wisata tersebut ditutup mulai hari ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan di Kudus, Sabtu (29/5/2021).

Bergas menegaskan, semua objek wisata di Kudus mematuhi surat edaran bupati Kudus untuk menutup sementara demi mencegah kerumunan karena potensial terjadi penularan Covid-19.

Disbudpar Kudus juga menerjunkan tim untuk mengawasi dan memantau objek-objek wisata di Kudus. Petugas memastikan apakah benar lokasi-lokasi wisata itu ditutup atau masih menerima kunjungan wisatawan.

Ia juga memaklumi jika ada pelaku usaha di bidang wisata yang mengeluh karena mereka juga memiliki banyak pekerja yang setiap bulan harus diberikan upah.

"Kalaupun ada yang masih nekat buka, tentunya sudah ada upaya pemerintah membatasinya dengan menutup sejumlah fasilitas. Pembatasan itu seperti menutup tempat parkir wisata dan penyekatan bus wisata," ujarnya.

Upaya lain menghindari kerumunan, Disbudpar Kudus juga membuat surat edaran kepada pengelola restoran, rumah makan, dan kafetaria untuk melakukan pembatasan kegiatan.

Pelaku usaha kuliner tersebut diminta hanya melayani penjualan pesan antar atau bungkus untuk dibawa pulang dan tidak melayani makan dan minum di tempat.

"Imbauan tersebut berlaku mulai 26 Mei hingga 6 Juni 2021 dan dapat diperpanjang sesuai hasil evaluasi tim Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Pemkab Kudus," katanya.

Dari pantauan di kawasan Menara dan Malam Sunan Kudus, Sabtu, terlihat sepi karena biasanya berlalu lalang wisatawan. Di pintu masuk kompleks makam terlihat tulisan "Makam Sunan Kudus ditutup sementara".

Akses jalan menuju kawasan wisata tersebut, juga ditutup dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: