Mantul, Seniman Soloraya Dominasi Bhayangkara Mural Festival Tingkat Jateng

Ahmad Antoni · Minggu, 24 Oktober 2021 - 05:23:00 WIB
Mantul, Seniman Soloraya Dominasi Bhayangkara Mural Festival Tingkat Jateng
alah satu karya seniman mural dalam kegiatan Bhayangkara Festival Piala Kapolri 2021. (foto: Ist)

SEMARANG, iNews.id - Polri menggelar Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021.  Puncak kegiatan lomba mural ini akan diadakan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan pada 30 Oktober 2021.

Pada tahap awal, lomba yang diadakan secara nasional dibuka di masing-masing Polda mulai 27 September-17 Oktober 2021. Adapun sosialisasi untuk pendaftaran, lomba gencar dilaksanakan lewat jejaring sosial dan di tiap markas kepolisian.

"Untuk tingkat Jateng, Bhayangkara Mural Festival diikuti 74 kelompok peserta, saat ini sudah memasuki tahap akhir. Sebelas besar sudah dipilih dewan juri, adapun lima terbaik diantaranya kami kirim datanya ke Mabes Polri,” kata Ketua Panitia Bhayangkara Mural Festival Tingkat Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Sabtu (23/10/2021).

“Dari kelima terbaik Jateng itu, nanti akan dipilih satu oleh juri tingkat nasional untuk berlaga di Bhayangkara Mural Festival Tingkat Nasional di Jakarta," katanya.

Kabid Humas Polda Jateng ini menyebutkan, sebelas kontestan terbaik hasil pemilihan juri tingkat Jateng. Pada posisi lima besar secara berurutan antara lain Garis Cakrawala Indonesia (Surakarta), Suprihadi-F. Wisnu (Sragen), Tofazani Arifin (Cilacap), Adnan NH - Ridho Abdillah (Sragen), Ahmad Kuntadi P (Wonosobo).

"Sedangkan pada ranking enam sampai sebelas antara lain Tri Murdiyono (Kab. Semarang), Fauzi PR -EA (Wonogiri), Guruh Purwa I (Banjarnegara), Mewarnai Indonesia (Surakarta), Lintas Seni (Pemalang) serta Igul Pambudi (Kota Magelang)," katanya.

Pada perhelatan tingkat mabes Polri atau nasional pada 30 Oktober mendatang, peserta terbaik Jateng akan bersaing dengan peserta terbaik dari seluruh Indonesia. Adapun hadiah yang disediakan panitia pada Bhayangkara Mural Festival tingkat nasional adalah hadiah uang Rp30 juta untuk juara 1, Rp15 juta untuk juara 2, Rp10 juta untuk juara 3 dan 7 peserta favorit mendapatkan masing-masing Rp5 juta.

"Sementara sepuluh peserta lainnya akan berkompetisi dalam Bhayangkara Mural Festival Tingkat Polda Jateng. Lomba akan kita gelar langsung di halaman Mapolda, bersamaan dengan kegiatan tingkat nasional yaitu pada tanggal 30 Oktober mendatang," ujar Iqbal.
 
Di tingkat Jateng, dewan juri yang dipercaya menyeleksi hasil karya peserta adalah Dr. Lindang (Undip), Drs. Purwanto dari (Unnes) dan Faris S Mardjid (Ilustrator dan Kartunis).

"Seleksi pemilihan untuk menentukan sebelas terbaik sudah dilakukan juri tingkat Jateng pada tanggal 15 Oktober lalu. Para juri di atas juga akan terlibat pada lomba tingkat Jateng pada tanggal 30 mendatang," ujarnya.

Seperti diketahui Mabes Polri Bhayangkara Mural Festival Festival 2021 mengusung teman Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi Covid-19. Adapun sub tema bagi peserta adalah peduli sesama di masa Pandemi Covid-19, bersama menjalankan protokol kesehatan, Indonesia sehat dan kuat, bebas dari Covid-19, bersama menjaga Indonesia.

Polri sendiri, kata dia, membuka peluang agar para peserta tidak ragu menyampaikan aspirasinya, sepanjang bernilai positif dan jauh dari unsur SARA. Penggunaan media seni adalah salah satu cara yang digunakan masyarakat untuk menyampaikan permasalahan yang dialami atau dilihatnya.

"Harapan Polri, festival ini dapat menjadi wadah masyarakat dalam berkarya dan berkreasi di masa pandemi Covid-19 dan diharapkan mengobarkan semangat kemerdekaan, nasionalisme, dan optimisme di masa pandemi Covid-19 dengan kegiatan positif," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: