Masa Peralihan, Nelayan Tegal Berharap Tetap Diperkenankan Pakai Cantrang

Yunibar ยท Kamis, 20 Mei 2021 - 20:34:00 WIB
Masa Peralihan, Nelayan Tegal Berharap Tetap Diperkenankan Pakai Cantrang
Para nelayan saat beraktivitas di dermaga pelabuhan perikanan Pantai Tegal Sari, Kota Tegal, Kamis (20/5/2021). Foto: iNews/Yunibar.

TEGAL, iNews.id – Ribuan nelayan di Kota Tegal menunggu terbitnya peraturan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait penggunaan alat tangkap baru yang lebih ramah lingkungan. Selama masa peralihan, mereka berharap masih diperbolehkan menggunakan alat tangkap cantrang

Ratusan kapal cantrang kini menumpuk di dermaga pelabuhan perikanan Pantai Tegal Sari, Kota Tegal, Kamis (20/5/2021). Para nelayan dan pemilik kapal kini tengah mempersiapkan peralatan dan kebutuhan logistik untuk kembali berangkat melaut pascalibur Lebaran. 

Sejumlah nelayan nampak memperbaiki alat tangkap cantrang di atas geladak. Mereka meyakini alat tangkap catrang yang digunakan,  saat ini masih ramah lingkungan dan hasil tangkapan ikan juga lebih maksimal.

Saat ini nelayan mengaku khawatir jika menggunakan alat tangkap baru sesuai aturan KKP. Yakni hasil tangkapan kurang optimal yang berdampak pada penghasilan mereka. 

“Dengan memakai alat tangkap cantrang, para nelayan bisa mendapatkan uang bagi hasil Rp10 juta dari pemilik kapal selama melaut dua bulan,” kata Rustam, nelayan cantrang. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2