Masjid Agung Semarang, Satu-satunya Masjid di Indonesia yang Mengumumkan Kemerdekaan RI

Ahmad Antoni ยท Jumat, 07 Oktober 2022 - 09:35:00 WIB
Masjid Agung Semarang, Satu-satunya Masjid di Indonesia yang Mengumumkan Kemerdekaan RI
Penampakan depan Masjid Agung Semarang (MAS) atau akrab disebut Masjid Kauman Semarang. (Dok)

SEMARANG, iNews.id - Masjid Agung Semarang (MAS) atau akrab disebut Masjid Kauman Semarang menjadi salah satu masjid tertua di Kota Semarang. Masjid di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini menyimpan sejarah panjang berdirinya Kota Semarang. 

Masjid yang masuk cagar budaya ini menjadi kebanggaan warga Semarang karena bangunannya yang khas, mencerminkan jatidiri masyarakat pesisir yang lugas tetapi bersahaja. 

Seperti halnya pada masjid-masjid kuno di pulau Jawa, Masjid Agung Semarang berada di pusat kota (alun-alun) dan berdekatan dengan pusat pemerintahan (Kanjengan) dan penjara, serta tak berjarak jauh dari pusat perdagangan (Pasar Johar), merupakan ciri khas dari tata ruang kota pada zaman dahulu.

Dalam sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia, Masjid Agung Semarang nenjadi satu-satunya masjid di Indonesia yang mengumumkan kemerdekaan bangsa Indonesia secara terbuka hanya beberapa saaat setelah diproklamirkan. 

Dikutip dari laman Wikipedia, peristiwa proklamasi yang dibacakan Soekarno-Hatta di Pegangsaaan Timur no 56 Jakarta pada hari Jumat pukul 10.00 pagi. Lebih kurang satu jam setelah itu yaitu pada saat sebelum salat Jumat, Alm dr. Agus, salah seorang jemaah aktif di Masjid Agung Semarang melalui mimbar Jumat dan di hadapan jemaah mengumumkan terjadinya proklamasi RI.

Keberanian Agus harus dibayar mahal, karena setelah peristiwa itu dia dikejar-kejar tentara Jepang dan melarikan diri ke Jakarta hingga meninggal di sana. Sebagai penghargaan atas peristiwa tersebut pada tahun 1952, Presiden RI pertama Soekarno menyempatkan diri hadir untuk melakukan salat Jumat dan berpidato di masjid ini.

Lokasi Masjid Agung Semarang tadinya berdiri megah di depan alun-alun Kota Semarang. Namun kemudian sejak tahun 1938 alun alun tersebut beralih fungsi menjadi kawasan komersial yaitu dengan adanya Pasar Johar, Pasar Yaik, gedung BPD dan Hotel Metro yang kemudian menjadi area kawasan perdagangan Johar. Pada tahun 2021, depan Masjid Agung Kauman Semarang yang sebelumnya merupakan Pasar Yaik, sekarang telah direnovasi kembali menjadi Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: