Masjid Al Ikhlas Wonosari Dipenuhi Warga Melaksanakan Salat Gerhana

Okezone, Suharjono ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 15:06 WIB
Masjid Al Ikhlas Wonosari Dipenuhi Warga Melaksanakan Salat Gerhana
Masjid Al Ikhlas Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. (Foto: SINDOnews.com/Suharjono)

WONOSARI, iNews.id – Momentum gerhana matahari yang melintas beberapa wilayah Indonesia dimanfaatkan masyarakat muslim untuk melaksanakan salat gerhana yang dikenal sebagai salat kusuf. Termasuk di Masjid Al Ikhlas Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Kamis (26/12/2019).

Menurut pantauan di lokasi warga sudah berdatangan ke masjid mulai pukul 09.30 WIB. Salat gerhana di masjid tersebut dilaksanakan usai salat dhuhur.

“Awalnya kami merencanakan salat gerhana pukul 10.30 WIB. Tapi akhirnya kami memutuskan dimulai setelah jemaah melaksanakan salat dhuhur. Masyarakat sudah berdatangan dari pukul 09.30 WIB,” kata Takmir Masjid Al Ikhlas, Asrofi.

Asrofi mengatakan antusias masyarakat untuk melaksanakan salat gerhana diakui cukup tinggi karena jarangnya fenomena gerhana, gerhana bulan maupun gerhana matahari. Dia mengaku sudah menerima surat dari Kementerian Agama Gunungkidul mengenai waktugerhana matahari terjadi.

“ Kami sudah menerima surat edaran tentang informasi waktu terjadinya gerhana. Salat gerhana bisa dilaksanakan di awal, di tengah, maupun di akhir waktu gerhana,” katanya.

Dalam informasi dari Kemenag DIY disebutkan untuk awal gerhana matahari di Yogyakarta pada pukul 10.22 WIB. Sedangkan BMKG merilis awal gerhana pada pukul 10.56 WIB. Sedangkan puncak gerhana pada pukul 12.47 WIB dan berakhir pada pukul 14.29 WIB.


Editor : Rizal Bomantama