Masuk Kota Tegal, 2 Pemotor Dibawa ke RSUD Kardinah karena Bersuhu Tinggi

Yunibar ยท Jumat, 03 April 2020 - 19:25:00 WIB
Masuk Kota Tegal, 2 Pemotor Dibawa ke RSUD Kardinah karena Bersuhu Tinggi
Petugas medis membawa pengendara motor yang bersuhu tubuh tinggi ke RSUD Kardinah. (Foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Dua pengendara sepeda motor yang masuk ke Kota Tegal tepatnya di Jalan Teuku Umar dibawa ke rumah sakit umum daaerah (RSUD) Kardinah karena mengalami demam tinggi, Jumat (3/4/2020).

Kedua pemotor salah satunya driver ojek online (ojol) itu suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius saat melalui pintu pemeriksaan di Kelurahan Debong tengah, Kecamatan Tegal Selatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal.

Saat itu, Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi ikut turun langsung memeriksa tiap pengguna jalan yang melintas masuk Kota Tegal.

Suasana pemeriksaan di akses pintu masuk itu pun mendadak sibuk. Dua tenaga medis kemudian mengevakuasi kedua pemotor menggunakan mobil ambulans yang sudah disiagakan di lokasi pemeriksaan.

Upaya preventif itu untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota Tegal yang masih memberlakukan karantina wilayah.

Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi mengatakan, pentingnya isolasi wilayah yang dilakukan Pemkot Tegal itu untuk melindungi warganya dari penularan virus corona.

“Jika tidak ada pemriksaan kesehatan di empat pintu masuk yang baru dibuka tersebut, maka saya khawatir ada orang dengan status ODP maupun PDP bebas masuk wilayah Kota Tegal tanpa pengawasan,” katanya.

Jumadi mengimbau agar warga mematuhi imbauan pemerintah tidak keluar rumah selama pandemi corona masih terjadi.

Pemkot Tegal akhirnya membuka empat akses jalan masuk ke kota setelah mengevaluasi tiga hari pemberlakukan isolasi wilayah. Beton MBC yang salah satunya dipasang di Jalan Teuku Umar dipindahkan. Pemkot menggantinya dengan menempatkan petugas khusus untuk memeriksa tiap pengguna jalan denngan thermo gun.

Namun, terbatasnya jumlah petugas dan alat thermo gun mengakibatkan antrean panjang kendaraan di ruas jalan tersebut. Puluhan pengendara sepeda motor, kendaraan pribadi maupun truk angkutan bahan pokok terpaksa berhenti guna pengecekan suhu badan pengemudi dan penumpangnya.

Editor : Kastolani Marzuki