Mengenal Srikandi Gema Salam, Koperasi yang Beranggotakan Istri Eks Napi Terorisme

Ahmad Antoni ยท Jumat, 16 September 2022 - 20:07:00 WIB
 Mengenal Srikandi Gema Salam, Koperasi yang Beranggotakan Istri Eks Napi Terorisme
Gubernur Ganjar Pranowo usai memberikan arahan dalam pelatihan dan pengukuhan Koperasi Srikandi Gema Salam di di Solo. (Ist)

SOLO, iNews.id – Tak banyak masyatakat yang tahu tentang Koperasi Srikandi Gema Salam. Koperasi ini beranggotakan para istri atau keluarga eks narapidana terorisme (napiter).

Koperasi Srikandi Gema Salam ini baru berada di wilayah Kota Solo. Meski demikian, para istri eks napiter memiliki asa untuk mengembangkan usahanya.

Bahkan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan siap untuk mendampingi koperasi Srikandi Gema Salam.

Pendampingan itu diberikan agar usaha yang dirintis dapat menyejahterakan kehidupan eks napiter. Selain itu juga sebagai media deradikalisasi dan dapat diterima kembali di lingkungan masyarakat.

"Dari usaha ini ibu-ibunya sekarang membuat koperasi. Menurut saya ini bagus, maka saya sampaikan dinas kita akan dampingi sehingga bisa berkembang dan koperasinya bisa naik kelas," kata Ganjar usai memberikan arahan dalam pelatihan dan pengukuhan Koperasi Srikandi Gema Salam di di Solo, Jumat (16/9/2022).

Dia menjelaskan pelatihan dan pendampingan tersebut agar keluarga eks napiter mendapatkan pengetahuan teknis dengan harapan dapat menjadi pengusaha. Apabila usaha tersebut bagus dan berkembang maka dapat menjadi media yang bagus dengan masyarakat.

"Kalau usahanya bagus, kemudian dia di masyarakat baik, berkembang maka akan bisa menjadi contoh baik. Ini  tidak hanya di Solo karena Densus juga punya program di beberapa tempat di Indonesia. Untuk di Jawa Tengah ada Brebes, kalau di Temanggung nanti akan kita buat dan kami akan dampingi," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: