Mengintip Aktivitas Membatik Eks Pengidap Gangguan Jiwa di Panti Pangrukti Mulyo Rembang

Musyafa · Rabu, 25 Agustus 2021 - 14:37:00 WIB
Mengintip Aktivitas Membatik Eks Pengidap Gangguan Jiwa di Panti Pangrukti Mulyo Rembang
Panti Pangrukti Mulyo Rembang dengan sabar mengarahkan penerima manfaat (eks pengidap gangguan jiwa) saat latihan membatik. (iNews/Musyafa)

REMBANG, iNews.id – Aktivitas membatik menuntut kesabaran dan ketelitian. Apalagi aktivitas itu dilakukan oleh mantan pengidap gangguan jiwa.

Seperti yang dilakukan sejumlah penghuni panti pelayanan sosial disabilitas mental Pangrukti Mulyo, pinggir jalan raya Rembang-Blora, Desa Kedungrejo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Di Panti ini menampung 125 eks orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Salah satunya Suwarti. Wanita asli Sragen ini cukup lihai membatik.

Dia mengaku senang mendapatkan bekal keterampilan tersebut, karena tak sekadar mengisi waktu luang, tetapi juga ilmu yang bermanfaat untuk diteruskan sampai kapan pun. “Saya biasa dapat tugas menggambar pola, nggak ada kesulitan bagi saya, “ katanya, Rabu (25/8/2021).

Konsentrasi dan ketelitian Suwarti, sempat menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berkunjung ke Panti Pangrukti Mulyo pada bulan Juli lalu. Bahkan Ganjar sempat membeli batik yang dihasilkan oleh penghuni panti.

Para pengasuh memiliki tantangan tersendiri dalam membimbing penghuni panti untuk berlatih membatik, karena banyak tahapan yang harus dilewati. Selain mempertajam pola, kain juga harus diwarnai. Pada sesi ini, biasanya dikerjakan bersama-sama. Pengasuh berulang-kali mengarahkan dengan sabar.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: