Menparekraf Luncurkan Paket Kegiatan Wisata Jejak Peradaban Candi Borobudur

Puji Hartono, Antara ยท Selasa, 22 Juni 2021 - 07:15:00 WIB
Menparekraf Luncurkan Paket Kegiatan Wisata Jejak Peradaban Candi Borobudur
Menparekraf Sandiaga S.Uno meluncurkan paket kegiatan wisata trail of civilization (jejak peradaban) Candi Borobudur di Omah Mbudur Magelang, Senin (21/6/2021) malam. (foto: Antara)

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani Mustafa mengatakan uji coba paket wisata ini digali dari relief Candi Borobudur.

"Perjalanan ini adalah menggali nilai-nilai dari apa yang ada di relief Candi Borobudur untuk meningkatkan atraksi wisata di sekitar Borobudur," ujarnya.

Sementara kehadiran Menparekraf di Kabupaten Magelang membuktikan bahwa adaptasi dan inovasi menjadi kunci untuk tetap berkarya di tengah keterbatasan imbas pandemi Covid-19. 

"Ini adalah bentuk dari upaya kami untuk membangkitkan, memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi dan tantangan ekonomi. Di mana pariwisata dan ekonomi kreatif ini harus dipaksa oleh covid-19 untuk meningkatkan inovasi dan adaptasi,"  kata Sandiaga Uno.

Merujuk hal tersebut, dirinya mengimbau kepada para pelaku parekraf harus meningkatkan keterampilan digitalisasi maupun adaptasi dan adopsi teknologi digital.

Bersamaan dengan itu, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dalam bingkai Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability (CHSE) harus terus ditingkatkan.

"Saat sekarang pemerintah harus betul-betul peka terhadap kebutuhan masyarakat dengan program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: