Menpora Sebut DBON Lahir dari Kerisauan Presiden Jokowi

Ary Wahyu Wibowo · Minggu, 28 November 2021 - 20:50:00 WIB
Menpora Sebut DBON Lahir dari Kerisauan Presiden Jokowi
Menpora Zainudin Amali saat sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Solo, Minggu (28/11/2021) sore. Foto: iNews.id/Ary Wahyu Wibowo

SOLO, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) lahir dari kerisauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melihat prestasi olahraga nasional. Presiden menginstruksikan ke Menpora untuk mereview total ekosistem keolahragaan nasional. 

“Jadi ini bukan tiba-tiba, apalagi ada yang menganggap karang karangannya Menpora,” kata Zainudin Amali saat sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON di Solo, Minggu (28/11/2021) sore. Sosialiasi dihadiri perwakilan dari Pemprov serta kabupaten dan kota di Jawa Tengah.  

Menpora menyatakan, kegelisahan Presiden Jokowi disampaikan pada 9 September 2020, bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37. 

Sebagaimana diungkapkan Presiden, kata Zainudin Amali, sangat tidak masuk akal sulit mencari talenta berbakat dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 260 juta. 

“Kalau sekarang kita sulit, berarti ada yang salah, ada yang kurang benar, kurang tepat. Itulah yang diperintahkan beliau (Presiden) kepada saya untuk mereview total,” katanya. 

Setelah mendapat perintah presiden, Menpora langsung berkoordinasi dengan internal dan berdiskusi dengan kalangan perguruan tinggi, profesor ilmu keolahragaan, KONI, dan berbagai pihak terkait lainnya. 

Selama 76 tahun Indonesia merdeka, tidak pernah ada desain tentang pembinaan olahraga. Prestasi yang didapatkan bukan tercetak dengan sistematis, terencana, dan berkesinambungan. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: