Meriah, Kirab Budaya G20 Diikuti Ribuan Warga 20 Desa di Borobudur

Antara · Senin, 12 September 2022 - 11:44:00 WIB
Meriah, Kirab Budaya G20 Diikuti Ribuan Warga 20 Desa di Borobudur
Peserta dari Desa Kembanglimus mengusung instalasi gajah pada kirab budaya G20 di Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (12/9/2022) . (Antara)

MAGELANG, iNews.id – Kirab budaya dalam rangkaian kegiatan G20 berlangsung meriah, Senin (12/9/2022). Kirab budaya melibatkan sekitar 2.000 warga dari 20 desa di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Kirab budaya dengan rute dari Candi Pawon menuju Candi Borobudur tersebut menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer. Kirab budaya diawali doa bersama oleh perwakilan 20 desa di Kecamatan Borobudur di halaman Candi Pawon.

Para peserta kirab dengan mengenakan baju sesuai ikon yang diusung, masing-masing kelompok desa membawa instalasi fauna ukuran besar dengan cara dipanggul secara berkelompok.

Jenis instalasi yang dibawa para peserta kirab merupakan bahan alami seperti pelepah pisang, bambu, daun pandan merupakan fauna yang terdapat di relief Candi Borobudur, antara lain gajah, ayam jantan, penyu, babi hutan, buaya, merak, dan lainnya.

Camat Borobudur Subiyanto menyampaikan keterlibatan masyarakat dalam G20, salah satu di antaranya kirab budaya yang melibatkan 20 desa dengan 100 orang per desa.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: