Merinding, Warga Kebumen Ini Bertahun-tahun Tinggal Sebatang Kara di Area Kuburan

Joe Hartoyo ยท Rabu, 09 Juni 2021 - 08:24:00 WIB
Merinding, Warga Kebumen Ini Bertahun-tahun Tinggal Sebatang Kara di Area Kuburan
Saliman di depan gubuk tempat tinggalnya yang berada di area TPU Sibango Kebumen. (iNews/Joe Hartoyo)

KEBUMEN, iNews.id – Saliman (66) warga Pejagoan, Kebumen, Jawa Tengan bertahun-tahun tinggal sendirian di sebuah gubuk di area tempat pemakaman umum (TPU) Sibango. Dia terpaksa tinggal di gubuk tidak layak huni karena dia tidak memiliki rumah untuk tempat tinggal.

Gubuk ukuran 1 x 2 meter yang berdiri di antara batu nisan itu lebih mirip kandang kambing, karena tidak dilengkapi listrik. Pada malam hari Saliman lebih sering gelap-gelapan. Sedangkan untuk mandi cuci kakus (MCK) dia harus menumpang di perkampungan terdekat/sudah tidak ada tempat lagi untuk tinggal.

Sebelumnya, Saliman merantau ke Lampung, namun karena suatu hal Saliman akhirnya pulang ke kampung halamannya. Karena tidak diperbolehkan tinggal di tanah warisan orang tuanya, maka Saliman pun memilih membuat gubuk bambu di area pemakaman.

“Terpaksa tinggal di sini karena nggak boleh tinggal di tempat orang tua saya. Untuk kebutuhan sehari-hari yang mencari sendiri,” kata Saliman. “Kalau untuk buang air ya di sekitar sini, jaraknya 200 meter (dari gubuk),” katanya.

Kisah kehidupan Saliman pun mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto bersama Komunitas Sedulur Kebumen meninjau lokasi gubuk yang selama ini menjadi rumah tinggal Saliman pada Selasa (8/6/2021) petang.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2