Mobil Terlempar usai Tertabrak Kereta Api di Grobogan, 1 Penumpang Tewas 1 Kritis

Rustaman Nusantara ยท Sabtu, 28 Maret 2020 - 06:00 WIB
Mobil Terlempar usai Tertabrak Kereta Api di Grobogan, 1 Penumpang Tewas 1 Kritis
Ilustrasi perlintasan kereta api. (Foto: Dok iNews)

GROBOGAN, iNews.id - Sebuah minibus yang melintas tertabrak Kereta Api Ambarawa Ekspres dari arah Surabaya di perlintasan tanpa palang pintu Stasiun Gambringan, Desa Depok, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (27/3/2020). Seorang penumpang tewas sedangkan sopir kritis.

Informasi dari warga, mobil minibus bernomor polisi K 9355 GF dikemudikan oleh Harjono, warga Nambuhan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jateng. Sementara penumpangnya seorang perempuan yang belum diketahui identitasnya.

Mobil yang ditabrak sempat terseret hingga 10 meter dari lokasi kecelakaan. Warga yang mengetahui kecelakan itu berusaha mencongkel pintu mobil yang terbalik di pinggir rel kereta api untuk mengevakuasi dua korban yang berada di mobil. Warga berusaha sangat berhati-hati agar kondisi luka korban tidak semakin parah.

Setelah sekitar 20 menit kemudian, kedua korban berhasil dievakuasi dalam kondisi luka berat dan tak sadarkan diri. Keduanya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Yakkum Purwodadi, Grobogan. Namun, penumpang perempuan tersebut mengembuskan napas terakhir sebelum sampai di rumah sakit. Sementara pengemudi Harjono masih dirawat intensif.

Salah satu warga setempat yang melihat kecelakaan itu, Romi mengaku sempat melihat mobil korban melaju dari arah Timur menuju Selatan. Sementara itu dari arah yang sama juga melaju Kereta Api Ambarawa Ekspres.

Karena kondisi jalan umum dan perlintasan tertutup pagar yang tinggi, pengemudi diduga tidak mendengar dan melihat kereta api lewat. Sesampai di perlintasan tanpa palang, korban kemudian berbelok ke kiri dan melewati perlintasan tersebut.

“Tepat di tengah perlintasan, kereta api langsung menghantam minibus hingga ringsek dan terseret sejauh 10 meter. Setelah korban berhasil dikeluarkan dari dalam mobil, warga dan petugas medis mengevakuasi keduanya ke rumah sakit. Satu orang meninggal,” kata Romi.

Polisi yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan olah tempat kejadian (TKP). Hingga kini, sopir minibus masih dalam perawatan di ruang IGD Rumah Sakit Yakkum Purwodadi. Luka yang cukup parah di sekujur tubuh dan kepalanya membuat kondisi sopir masih kritis.

Sementara korban yang tewas langsung dibawa ke kamar mayat rumah sakit sambil menunggu informasi data korban selanjutnya. Kasus kecelakaan kereta api ini masih ditangani petugas Satlantas Polres Grobogan.


Editor : Maria Christina