Muncul Jadi Calon Independen, Bajo Siap Lawan Gibran di Pilkada Solo

Sindonews, Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 15:34 WIB
Muncul Jadi Calon Independen, Bajo Siap Lawan Gibran di Pilkada Solo
Bakal Calon Independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) saat menyerahkan syarat dukungan ke KPU Solo, Jumat (21/2/2020). (Foto: Sindonews/Ary Wahyu Wibowo)

SOLO, iNews.id - Pasangan calon Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) bersama ratusan orang datang menyerahkan sebanyak 41.425 lembar surat pernyataan dukungan di Kantor KPU Solo pada Jumat (21/2/2020). Dokumen tersebut diajukan sebagai syarat pendaftaran jalur perseorangan pada Pilkada Solo 2020.

Bakal pasangan calon Bajo ini menyerahkan syarat dukungan secara fisik berupa fotokopi e-KTP dan surat pernyataan dukungan ke Kantor KPU Solo. Kedatangan keduanya disambut Ketua KPU Solo Nurul Sutarti yang didampingi sejumlah anggota komisioner, di ruang rapat.

Bakal calon Wali Kota Surakarta Bagyo Wahyono mengatakan syarat dukungan yang diserahkan ke KPU jumlahnya sebanyak 41.425 lembar surat penyataan pendukung disertai fotokopi e-KTP. Dia optimistis bisa lolos verifikasi.

"Kami sudah membagi syarat dukungan masing-masing kecamatan yang tersebar di lima kecamatan di Solo, atau sesuai aturan KPU RI dan KPU Solo. Saya tetap optimistis bersama Supardjo dapat lolos verifikasi faktual, sehingga menjadi salah satu peserta pasangan calon Pilkada tahun ini," katanya, di kantor KPU Solo, Jumat (21/2/2020).

"Kami ini wong cilik sudah habis-habisan, artinya sudah nggak punya apa-apa. Saya maju sebagai pion, pantang mundur maju terus siapapun yang menghadang," ucapnya.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan pasangan Bajo telah menyerahkan syarat dukungan baik melalui aplikasi Silon maupun secara fisik. Nantinya, dokumen diverifikasi administrasi, jika sudah sama atau cocok baru dibuatkan berita acara penerimaan. KPU bersama PPK dan PPS kemudian akan melakukan verifikasi faktual di lapangan.

Nurul mengatakan sesuai dengan Keputusan KPU Kota Surakarta Nomor 47/PL.02.2-Kpt/3372/KPU-Kot/X/2019 tentang Persyaratan Jumlah dan Persebaran Dukungan bagi Pasangan Calon Perseorangan dalam Pilkada Surakarta 2020, yakni jumlah dukungan paling sedikit 8,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir sejumlah 421.999 orang, atau 35.870 orang pendukung.

Jumlah syarat dukungan itu, kata dia, paling sedikit tersebar lebih dari 50 persen, jumlah kecamatan di wilayah Kota Solo. Atau paling tidak tersebar di tiga dari lima kecamatan.

Sebelumnya, untuk Pilkada Solo terdapat bakal calon Wali Kota Solo yang diusung DPC PDIP Solo, Ahmad Purnomo dan calon wakilnya Teguh Prakoso. Kemudian, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka. Ketiganya masih menunggu hasil rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju di Pilkada Solo.


Editor : Nani Suherni