Musim Hujan Datang, BMKG Imbau Warga Jateng Waspada Bencana hidrometeorologi

Antara ยท Rabu, 14 September 2022 - 22:30:00 WIB
Musim Hujan Datang, BMKG Imbau Warga Jateng Waspada Bencana hidrometeorologi
Peta prakiraan awal musim hujan 2022-2023 di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Foto: ANTARA.

CILACAP, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan pegunungan tengah mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi. Imbauan disampaikan seiring datangnya musim hujan.

"Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, awal musim hujan 2022-2023 di wilayah Jateng secara umum diprakirakan maju atau lebih cepat satu hingga tiga dasarian dari normalnya," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, Rabu (14/9/2022). 

Dengan demikian, beberapa wilayah Jateng selatan dan pegunungan tengah Jateng lebih awal memasuki awal musim hujan yang berlangsung mulai dasarian pertama September 2022.

Dia menyebut, wilayah Jateng selatan yang memasuki awal musim hujan pada dasarian pertama September adalah wilayah barat laut Kabupaten Cilacap. Sedangkan di pegunungan tengah Jateng meliputi Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo bagian utara.

Ia mengatakan, puncak musim hujan tahun 2022-2023 diprakirakan pada bulan Januari dan Februari 2023. Sedangkan sifat hujan secara umum diprakirakan normal.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: