Nikmatnya Seruput Wedang Tahu Rempah di Lereng Gunung Merapi dan Merbabu

Tata Rahmanta ยท Senin, 15 November 2021 - 05:45:00 WIB
Nikmatnya Seruput Wedang Tahu Rempah di Lereng Gunung Merapi dan Merbabu
Wedang tahu rempah cocok dinikmati saat musim hujan seperti saat ini. (iNews/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id - Wedang tahu rempah, minuman yang satu ini mungkin agak unik di telinga. Namun jangan salah, selain menyegarkan, minuman ini sangat cocok dinikmati saat berada di daerah pegunungan atau pada musim hujan seperti saat ini.

Dengan perpaduan tahu dan rempah rempah, minuman ini mempunyai rasa yang hangat dan diyakini bisa menjaga stamina tubuh. Harga wedang tahu dalam satu mangkuk sangat terjangkau yaitu hanya Rp20.000.

Minuman itu bisa dinikmati saat Anda berkunjung ke lereng Gunung Merapi atau Gunung Merbabu, wilayah Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, tidak ada salahnya mencoba sajian wedang jahe rempah di Resto Argo Bumi.

Perpaduan antara tahu dan rempah-rempah serta ditambah susu yang diolah menjadi minuman yang menghasilkan cita rasa nikmat menyegarkan dan menghangatkan badan.

Sehingga sangat cocok diminum pada saat cuaca dingin di pegunungan, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini.

Selain dapat menghangatkan badan, wedang tahu rempah diyakini dapat menjaga stamina badan karena mengandung sejumlah rempah yang sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Cara membuatnya cukup sederhana, yakni didihkan satu gelas air kemudian masukkan sepotong tahu yang sudah diiris kecil-kecil jahe dan sere yang sudah digeprek, kayu secang dan biji selasih. Agar rasanya manis tambahkan gula batu secukupnya serta susu.

“Ide ini muncul dari perpaduan wedang tahu yang berasal dari Semarang. Namun saya sesuaikan dengan kondisi di wilayah Selo yang merupakan daerah yang diapit oleh dua gunung yaitu Merapi dan Merbabu,” kata Agung, pembuat wedang tahu rempah.

Sementara, salah satu pecinta wedang tahu rempah asal Semarang mengatakan bahwa wedang tahu rempah di Selo ini berbeda dengan wedang tahu biasanya.

“Minuman ini sangat cocok dinikmati sambil melihat pemandangan alam yang hawanya dingin dan rasanya rempah terasa,” kata Hety.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: