Pancasila Butuh Khalifah dalam setiap Ilmu Pengetahuan

Kurnia Illahi · Senin, 30 November 2020 - 17:13:00 WIB
Pancasila Butuh Khalifah dalam setiap Ilmu Pengetahuan
dalam acara penandatanganan MoU antara BPIP dan Universitas Sains Alquran di Wonosobo, Jateng, Senin (30/11/2020). (Foto: BPIP)

WONOSOBO, iNews.id – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menilai Pancasila membutuhkan khalifah atau pemimpin yang sukses dalam setiap ilmu pengetahuan. Para khalifah itu nanti yang akan menggelorakan dan membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kehidupan sekaligus menjadi motor kemajuan bangsa.

"Pancasila membutuhkan khalifah-khalifah dalam rangka mengisi kemerdekaan yang berprestasi di bidangnya misalnya khalifah di bidang pendidikan, bidang kesehatan, dalam rangka menjalankan dan memajukan Negara Indonesia" ujar Kepala BPIP Yudian Wahyudi saat menjadi keynote speaker pada acara Sosialisasi Pengajaran Pancasila untuk Pengajar se-Karesidenan Kedu di Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (30/11/2020).

Yudian menuturkan, sebagai muslim yang hidup di Negara Pancasila, masyarakat Indonesia wajib bersyukur. Caranya, dengan mengisi kemerdekaan yaitu bekerja dan berprestasi di bidangnya masing-masing.

Yudian juga berpesan kepada Universitas Sains Ilmu Alquran Jawa Tengah untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat Madrasah Aliyah se-Karesidenan Kedu dengan menambah jurusan Ilmu Pengetahuan Alam pada tingkat madrasah.

"Kualitas pendidikan di tingkat Madrasah Aliyah ditingkatkan yaitu mendorong jurusan Ilmu Pengetahuan Alam pada tingkat SMA dan Aliyah dari situ kita membangun benteng Pancasila di pesantren dan madrasah," kata Yudian

Sosialisasi Pancasila juga dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (Momerandum of Understanding/MoU) antara BPIP dan Universitas Sains Alquran oleh Kepala BPIP dan Rektor Universitas Sains Alquran.

Editor : Zen Teguh

Bagikan Artikel: