Pangdam IV/Diponegoro Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Giri Tunggal

Ahmad Antoni ยท Selasa, 17 Agustus 2021 - 08:05:00 WIB
Pangdam IV/Diponegoro Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Giri Tunggal
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di TMP Giri Tunggal Semarang. (foto: Pendam IV/Diponegoro)

SEMARANG, iNews.idKodam IV Diponegoro bekerja sama dengan Polda Jateng dan Pemprov Jateng menggelar upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS). Kegiatan ini untuk mengenang dan menghormati jasa pahlawan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan rangkaian pelaksanaan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Tengah ini dipimpin langsung oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang, Selasa (17/8/2021) dini hari.

Upacara yang dilaksanakan tepat pukul 00.00, berlangsung khidmat dengan melibatkan unsur TNI, Polri, ASN Provinsi Jateng dan Pramuka Kwarda Jateng. 

Acara pokok diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan pembacaan naskah AKRS dan penyalaan obor yang berada di kanan dan kiri Irup serta di sekitar Tugu Pahlawan. 

Tidak hanya itu, lilin yang berada di seluruh makam pahlawan juga dinyalakan oleh petugas sebelum akhirnya upacara ditutup dengan doa untuk arwah pahlawan. 

Plh Kapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Muchlis Gasim mengatakan bahwa kegiatan tersebut didedikasikan sebagai bentuk penghormatan serta rasa terima kasih kepada para pahlawan bangsa yang telah gugur demi merebut kemerdekaan Indonesia.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: