Pemerintah Dukung Peningkatan Produktivitas IKM Alat Angkut di Tegal

Yunibar · Kamis, 09 Desember 2021 - 20:56:00 WIB
Pemerintah Dukung Peningkatan Produktivitas IKM Alat Angkut di Tegal
Suasana pabrik suku cadang Toyota di Lik Takaru, Dampyak Kabupaten Tegal. Foto: iNews/Yunibar.

TEGAL, iNews.id – Pemerintah pusat berupaya meningkatkan hasil produksi industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Tegal. Salah satunya melalui kick off ekosistem industri dan implementasi 4.0 pada IKM alat angkut di lingkungan industri kecil (LIK) Takaru, Damyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Kamis (09/12/2021). 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita secara virtual mengatakan, dalam rantai pasok industri otomotif nasional, IKM komponen otomotif berperan strategis sebagai supplier yang memproduksi komponen serta aksesoris mobil dan motor sesuai dengan standar kualitas agen pemegang merek (APM). 

IKM di Kabupaten Tegal telah membuktikan kemampuannya dengan terus berinovasi dan mengembangkan produknya agar bisa diserap oleh APM, terutama setelah mengimplementasi teknologi 4.0 dalam proses produksinya. Salah satunya yakni kerjasama Koperasi Tegal Manufaktur Indonesia di kawasan lingkungan industri kecil Dampyak Kabupaten Tegal dengan Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

"Kami berupaya mendukung peningkatan produktivitas IKM alat angkut melalui ekosistem industri dan implementasi teknologi 4.0 di sentra-sentra produksi. Selain untuk meningkatkan produktivitas IKM alat angkut, tujuan program ini adalah untuk menjalin sinergi seluruh pemangku kepentingan dalam penerapan industri 4.0, terutama antara IKM alat angkut dan industri besar," kata Agus Gumiwang.

Era industri 4.0 menurutnya adalah era yang menyertakan kemajuan teknologi dan juga konektivitas internet, sehingga dapat dicapai peningkatan efisiensi waktu produksi dan penyajian data secara real time. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: