Pemilihan Rektor Digoyang Isu Kecurangan, Ini Respons MWA UNS

Ary Wahyu Wibowo ยท Selasa, 22 November 2022 - 18:26:00 WIB
Pemilihan Rektor Digoyang Isu Kecurangan, Ini Respons MWA UNS
Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS, Prof Hasan Fauzi saat memberikan keterangan pers, Selasa (22/11/2022). Foto: Ist.

SOLO, iNews.idPemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2023-2028 digoyang isu tak sedap di media sosial (medsos). Isu miring yang muncul di Twitter, di antaranya mengenai dugaan kecurangan yang dialamatkan kepada Rektor UNS terpilih Prof Sajidan.  

Dalam Twitter, muncul hastag #RektorUNSCurang, #TolakSajidan, #PemilihanCurang, #SajidanCurang, #SajidanMainBusuk, dan #SajidanTidakPantas.

Dalam medsos, antara lain menyebut bahwa pihak Sajidan berupaya mengumpulkan pemilik suara sehari sebelum pemilihan dengan mengarantina pemilik suara di sebuah hotel di Solo.  

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS, Prof Hasan Fauzi mengatakan, pada 11 November 2022 telah dilaksanakan rapat pleno MWA UNS dengan agenda penetapan Rektor UNS masa bakti 2023-2028. 

Terdapat tiga calon rektor yang telah lolos dalam tahap penjaringan dan penyaringan, yakni Prof Sajidan, Prof I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, dan Prof Hartono.

Dalam rapat pleno tersebut, dilakukan pemungutan suara dan diperoleh hasil Prof Sajidan mendapat 12 suara, Prof Hartono 11 suara, dan Prof I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani memperoleh 2 suara.

“Berdasarkan rapat pleno, MWA UNS menetapkan Prof Sajidan adalah Rektor UNS masa bakti 2023-2028, terpilih dan disahkan dalam berita acara rapat pleno. Pelantikan akan diselenggarakan 11 April 2023,” kata Hasan Fauzi, Selasa (22/11/2022). 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: