Pemkab Kendal Gelar Rapid Test di Pasar Pagi Kaliwungu

Eddie Prayitno · Kamis, 04 Juni 2020 - 12:07:00 WIB
Pemkab Kendal Gelar Rapid Test di Pasar Pagi Kaliwungu
Pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Kaliwungu rapid test Covid-19, Kamis (4/6/2020). (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Kendal menyasar pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Kaliwungu, untuk rapid test Covid-19. Setidaknya sebanyak 50 orang diambil darahnya untuk rapid test.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, pasar merupakan wilayah yang rentan penyebaran Covid-19. Beberapa pedagang yang mengikuti rapid test merupakan orang yang pernah kontak dengan pasien Covid-19 di tempat lain.

Ferinando menjelaskan, tahapan ini merupakan lanjutan tes di pasar tradisional. Sebelumnya sudah 300 orang di tes, hasilnya sebanyak 65 sampel reaktif.

"Sebelumnya ada 65 orang lebih reaktif Covid-19. Kemudian kami isolasi di rumah sakit lapangan. Hasil swabnya negatif semua," kata Ferinando, Kamis (4/6/2020).

Dia menuturkan, langkah ini juga sebagai bukti apakah penyebaran Covid-19 di Kendal masih terjadi atau tidak. Ferinando menjelaskan, banyak pedagang pasar di Kendal yang memang sering berinteraksi dengan orang di zona merah Covid-19.

"Mereka ini kan banyak yang kulakan di Semarang atau ke Solo. Jadi kita antisipasi saja," ucapnya.

Dikatakan Feri, kasus pasien positif Covid-19 Kendal sepekan terakhir ini landai bahkan cenderung nihil. Namun dia masih mendeteksi, tidak adanya peningkatan ini karena kesadaran warga meningkat atau belum ditemukan.

Editor : Nani Suherni