Pengunjung Pasar Pekalongan Jalani Rapid Test, 2 di Antaranya Reaktif Covid-19

Suryono Sukarno ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:24 WIB
Pengunjung Pasar Pekalongan Jalani Rapid Test, 2 di Antaranya Reaktif Covid-19
Rapid test di Pasar Sorogenen, Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng). (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEKALONGAN, iNews.id - Pemerintah Kota Pekalongan menggelar rapid test Covid-19 di Pasar Sorogenen dan Pasar Grogolan. Sebelumnya, rapid test digelar di pusat perbelanjaan modern.

Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz menyampaikan rapid test puluhan pedagang dan pembeli di dua pasar tradisional tersebut dilakukan secara acak. Hal ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pekalongan.

"Kini kami gelar di dua pasar tradisional yang menjadi sasaran kami hari ini yakni para pedagang dan pembeli di Pasar Sorogenen dan Pasar Grogolan mengingat mereka memiliki risiko terpapar yang cukup tinggi dengan seringnya ada interaksi langsung, " kata Saelany, Sabtu (23/5/2020).

Menurut Saelany, rapid test merupakan instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tidak ada pemungutan biaya dalam tes alias gratis.

"Rapid test ini terus akan kami lakukan di tempat keramaian lainnya secara acak dan digratiskan untuk mengetahui sejauh mana tingkat risiko terpaparnya Covid-19," ucap Saelany.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Slamet Budiyanto mengungkapkan dari hasil rapid test di dua pasar tradisional tersebut, ditemukan 2 orang reaktif Covid-19. Dari keduanya akan ditindaklanjuti dengan tracking dan menjalani swab test.

"Hari ini kami lakukan rapid test di dua pasar tradisional masing-masing tempat sebanyak 40 sample secara acak, hasilnya ada 2 orang yang reaktif Covid-19 yakni pengunjung pasar yang merupakan warga Batang dan Kota Pekalongan," kata Budi


Editor : Nani Suherni