Penumpang Positif Covid-19 Lolos Terbang, GM Bandara Ahmad Yani: Murni Kelalaian

Antara ยท Jumat, 07 Mei 2021 - 08:03:00 WIB
Penumpang Positif Covid-19 Lolos Terbang, GM Bandara Ahmad Yani: Murni Kelalaian
Calon penumpang menjalani pemeriksaan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (Antara)

SEMARANG, iNews.id – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melakukan evaluasi terkait lolosnya seorang penumpang positif Covid-19. Pengelola bandara dan pemangku kepentingan pun memperketat prosedur pemeriksaan calon penumpang.

"Setelah kami evaluasi, kami pastikan bahwa tidak terdapat unsur kesengajaan petugas bandara atau stakeholder lainnya dalam upaya pemberangkatan penumpang dengan dokumen penerbangan yang tidak sesuai dengan persyaratan penerbangan," kata GM PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Hardi Ariyanto, Kamis (6/5/2021).

Menurut Hardi, lolosnya seorang penumpang yang positif  Covid-19 itu murni kelalaian akibat prosedur pemeriksaan yang kurang ketat sehingga pihaknya melakukan pengetatan prosedur pemeriksaan agar kejadian serupa tidak terulang.

Berdasarkan hasil evaluasi dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan di bandara seperti Kepolisian Sektor Semarang Barat, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Semarang, maskapai, dan ground handling" disepakati bersama mengenai langkah-langkah antisipasi jika teridentifikasi calon penumpang yang memiliki hasil tes Covid-19 positif.

Berbagai langkah antisipasi tersebut adalah pemberian stempel tambahan oleh petugas KKP sebagai tanda hasil tes positif untuk memudahkan identifikasi oleh petugas check in dan pada saat boarding.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2