Penyaluran BLT di Brebes Diwarnai Pemotongan dengan Dalih untuk Kegiatan Sedekah Bumi

Yunibar ยท Rabu, 21 September 2022 - 21:41:00 WIB
Penyaluran BLT di Brebes Diwarnai Pemotongan dengan Dalih untuk Kegiatan Sedekah Bumi
Kwitansi terkait kasus dugaan pemotongan BLT BBM di Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Foto: Yunibar.

BREBES, iNews.id – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) di Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes diduga diwarnai pemotongan. Dana BLT BBM dan program sembako sebesar Rp500.000 diduga dipotong dengan dalih untuk kegiatan sedekah bumi tahun 2023. 

Pemotongan dilakukan oleh sejumlah ketua RT sebesar Rp100.000. Setelah kasus itu mencuat, uang yang dipotong lalu dikembalikan lagi kepada warga penerima. 

Saat pemotongan terjadi, warga penerima mengeluh karena uang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang naik dampak kenaikan harga BBM. Padahal, acara sedekah bumi baru akan digelar tahun 2023. 

Salah satu penerima BLT BBM, Wasti (70) mengaku diminta iuran oleh ketua RT setempat. Dalam keseharian, Wasti merupakan janda lansia yang keseharian menjadi buruh serabutan. Saat mengambil BLT di di Kantor Pos Banjarharjo, Wasti diantar ketua RT karena jaraknya cukup jauh. 

“Saat itu, ketua RT menyampaikan bahwa setelah sampai di rumah akan ada penarikan iuran untuk sedekah bumi tahun depan,” kata Cayem (45) anak Wasti, Rabu (21/9/2022). 

Ketika sampai di rumah, dirinya lalu mengantarkan uang iuran Rp100.000 ke rumah ketua RT. Dirinya juga menerima kwitansi iuran dari ketua RT pada tanggal 15 September 2022. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: