Perbaikan Jembatan Rembun Pekalongan Ditarget Selesai Akhir Februari

Ahmad Antoni ยท Rabu, 17 Februari 2021 - 17:50:00 WIB
Perbaikan Jembatan Rembun Pekalongan Ditarget Selesai Akhir Februari
Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau pembangunan Jembatan Rembun, Rabu (17/2021). (Istimewa)

Terlepas dari itu, ia mengatakan ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terkait amblesnya Jembatan Rembun. Sebab setelah diselidiki, amblesnya jembatan Rembun karena overload kendaraan yang ada di atasnya.

"Jadi kemarin itu ada tiga truk overload over dimension (Odol) yang masuk bareng di jembatan. Akhirnya jebol, masih untung selamat. Untuk itu, sepertinya masih ada PR yang harus diselesaikan," ujar dia.

Menurutnya, saat ini persoalan jembatan ambles dan jalan rusak tidak hanya dengan Kementerian PUPR. Akan tetapi, Kementerian Perhubungan juga harus dilibatkan agar segera diambil keputusan terkait truk-truk besar yang Odol tersebut.

"Saya sudah mengusulkan sejak lama, tapi belum menjadi keputusan pusat. Saya minta yang mengangkut berat itu pindah, pilihannya hanya lewat laut atau kereta api agar jalan relatif tidak keberatan. Kalau itu dilakukan, maka akan mengamankan jalan dari lubang dan jembatan ambles," ujarnya.

Dengan hujan yang mengguyur ditambah tonase berat dari kendaraan, membuat jalan dan jembatan semakin rapuh. Akhirnya saat ini, kondisinya banyak yang berlubang dan rusak.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3