Perekrutan PPPK, Guru Sekolah Swasta di Rembang Tuntut Keadilan

Musyafa ยท Senin, 05 April 2021 - 16:27:00 WIB
Perekrutan PPPK, Guru Sekolah Swasta di Rembang Tuntut Keadilan
Guru sekolah swasta saat menyampaikan aspirasi ke Kantor Bupati Rembang, baru-baru ini. (iNews/Musyafa Musa)

REMBANG, iNews.id – Kalangan guru dari sekolah swasta di Kabupaten Rembang mendesak keadilan dalam perekrutan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK). Mereka menilai regulasi seleksi PPPK yang dikeluarkan pemerintah terkesan mengutamakan guru-guru di sekolah negeri.

Seperti diungkapkan oleh Erni Sushayatiningsih, seorang guru Madrasah Aliyah Nahjatus Sholihin Desa Plawangan, Kecamatan Kragan.

Menurutnya, guru di sekolah swasta belum ada perhatian untuk diprioritaskan menjadi PPPK. Pihaknya menuntut supaya diperlakukan sama, karena guru di sekolah negeri maupun swasta sama-sama memiliki tanggung jawab mencerdaskan anak bangsa.

“Kenyataan riil di lapangan tidak seperti yang kami harapkan. Makanya kami guru-guru di sekolah swasta juga ingin mendapatkan perlakuan yang adil dari pemerintah. Kalau ada perekrutan PPPK mohon kami juga diprioritaskan, “ kata Erni, Senin (5/4/2021).

Ketua Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) Kabupaten Rembang ini membenarkan sudah banyak guru sekolah swasta yang mengabdi selama belasan tahun, memperoleh penghasilan tidak layak, jauh di bawah upah minimum regional (UMR).

Usianya pun di atas 30 tahun. Bahkan ada yang lebih dari 40 tahun. Jika sudah seperti itu, ia mengusulkan mereka direkrut menjadi PPPK tanpa tes.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2